Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Yang Terjadi Pada Kebun Binatang Kostrad Yang Sempat Viral?

Kebun Binatang Kostrad, kebun binatang mini yang berada di Depok, sempat viral di Twitter karena tempatnya yang tidak layak dan tidak bersih. Namun terdapat cerita dibalik kotornya kebun binatang tersebut.

https://twitter.com/halocilukba/status/1138058658175102976

Dalam caption yang di unggah @Halocilukba, ia mengatakan keadaan Kolam Renang Kostrad di Cilodong, Depok, Jawa Barat sangat tidak layak untuk dihuni satwa.

Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Infantri, Adhi Giri Ibrahi, mengatakan penyebab kotornya Kebun Binatang Kostrad disebabkan karena banyak pengunjung yang datang pada saat berlibur di Kebun Binatang tersebut. Dia juga menerangkan bahwa banyak pegawai yang izin cuti yang menyebabkan kurangnya pengawasan akan kebersihan di kebun binatang tersebut.

“Memang kemarin saat libur Lebaran banyak sekali pengunjung yang datang dari daerah sekitar dan kemungkinan pengawasan yang kurang dari petugas, kebetulan sebagian sedang izin cuti sehingga jadinya kotor,” kata Kolonel Adhi

Selain itu, Mayor Inf. Roni Hermawan, salah satu Kepala Penerangan Divisi Infanteri 1/Kostrad, yang akhirnya memberikan penjelasan mengenai Kebun Binatang yang viral ini. Beliau mengatakan kepada Tirto, banyak pengunjung yang memberikan makanan tanpa memperhatikan kebersihan yang berada di kebun binatang tersebut. Namun, beliau mengatakan kebun binatang tersebut selalu rutin dalam menjaga kebersihan

“Perawatan dan perlindungan yang layak terhadap seluruh satwa telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku di mana dalam kesehariannya, terdapat petugas yang bertanggung jawab dalam menjaga dan memelihara kebersihannya. Sehingga tidak benar adanya pernyataan dalam berita tersebut, yang menyatakan bahwa kondisi sangat tidak layak,” ujar Kepala Penerangan Divisi Infanteri 1/Kostrad, Mayor Inf. Roni Hermawan

Kemudian Mayor Inf. Roni Hermawan juga mengatakan bahwa banyak pengunjung yang tidak memperhatikan papan larangan peringatan untuk tidak memberikan makanan pada satwa dan membuang sampah pada tempatnya.

“Tanpa memperhatikan kebersihan, di mana sudah terdapat papan larangan peringatan untuk tidak memberikan makanan apa pun kepada satwa yang ada di sekitar area kolam renang,” ujar dia.

Terlepas dari itu, kebun binatang Kostrad sudah bersih kembali dan layak untuk dikunjungi.