Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arab Saudi Larang “Lightyear” Tayang, Karena Adegan Ciuman Sesama Jenis?

Film “Lightyear” nggak boleh tayang di Arab Saudi

Film berisi tokoh masa kecil kesayangan kita dari Disney Pixar, “Lightyear” dilarang tayang di Arab Saudi karena memperlihatkan adegan ciuman sesama jenis.

Melansir The Hollywood Reporter, ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, negara Timur Tengah itu juga melarang beberapa film untuk tayang, yaitu “Doctor Strange in the Multiverse of Madness”, “West Side Story”, dan “Eternals”.

Kantor Regulasi Media UEA mengumumkan kalau film yang seharusnya tayang 16 Juni itu gagal dapat lisensi karena ‘pelanggaran terhadap standar konten media negara tersebut’.

Hal ini mereka umumkan secara resmi pada tanggal 13 Juni 2022.

Arab Saudi Larang "Lightyear" Tayang, Karena Adegan Ciuman Sesama Jenis?
via Tenor

Gara-gara adegan ciuman dua perempuan?

“Lightyear” memang jadi salah satu film Disney yang melibatkan adegan terkait LGBTQ, sehingga belum bisa lolos sensor untuk rilis di beberapa negara yang masih mengilegalkan homoseksualitas,

Dalam film tersebut, ada adegan yang berisi karater perempuan Hawthrone (Uzo Aduba) dengan pasangannya.

Awalnya, adegan tersebut dipotong dari film, namun Pixar memutuskan untuk mengembalikannya lagi. Keputusan itu mereka ambil setelah keributan seputar klaim seorang karyawan yang menyebut Dinsey menyensor ‘bentuk kasih sayang gay terang-terangan’ dan CEO Disney Bob Chapek yang menangani permintaan “Don’t Say Gay” Florida.

Arab Saudi Larang "Lightyear" Tayang, Karena Adegan Ciuman Sesama Jenis?
via Giphy

Bukan yang pertama kalinya

Pada bulan April lalu, “Doctor Strange in the Multiverse of Madness” pun tah mendapat izin untuk tayang. Pasalnya, film itu menampilkan karakter America Chavez (Xochitl Gomez) yang dalam komiknya digambarkan gay.

Sebelum itu, di bulan November tahun lalu pun “Eternals” tak tayang hampir di seluruh Timur Tengah karena inklusi pasangan sesama gender dan super hero gay pertama MCU.

Begitu pula dengan “West Side Story”, dengan karakternya Anybodys, yang mereka gambarkan sebagai transgender dan dimainkan oleh aktor non-biner Iris Menas.

Film tersebut tak tayang di Arab Saudi, U.A.E, Qatar, Bahrain, Oman, dan Kuwait.

What are your thoughts? Let us know!

(Image: via Disney Pixar)