Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BMKG Ungkap Alasan Kenapa Udara Jakarta Kotor Terus

Udara Jakarta kotor terus

Ngerasa udara Jakarta kotor terus? Ternyata fenomena ini sudah dikonfirmasi dan dijelaskan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut BMKG, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Udara Jakarta kotor karena beberapa faktor

Menurut BMKG, isu ini dipicu sejumlah faktor; transportasi, industri dan energi.

“Selain transportasi biasanya dari sumber energi dan industri. Untuk wilayah seperti Jakarta masalah utamanya kaitannya dengan transportasi kalau macet terutama,” kata Koordinator Sub Bidang Informasi Gas Rumah Kaca BMKG Alberth Nahas.

“Wilayah sekitar Jakarta, kota penyangga itu ada kawasan industri dan pembangkit listrik itu merupakan bagian yang berkontribusi (pada polusi).”

Ia juga menjelaskan bahwa BMKG hanya bisa mengonfirmasi kondisi dan mencari penyebab perkara polusi ini. BMKG tidak punya kewenangan untuk bicara siapa yang salah.

“Kalau dari BMKG melihat dari datanya seperti apa, kalau kemarin kondisi kualitas udara memburuk itu tertangkap sinyal di peralatan kami lalu kami mengantisipasi dari mana. Namun, BMKG tidak memiliki kewenangan untuk bicara ini salahnya siapa atau dampaknya kalau dampaknya kan ada KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan Kemenkes (Kementerian Kesehatan),” ungkapnya.

I Cnat Breathe GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Baca juga: Kenapa Kita Nggak Boleh Mengabadikan dan Menyebarkan Foto atau Video Kecelakaan?

Penjelasan Anies

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pun sempat angkat suara mengenai isu ini.

Menurutnya, pemerintah akan menindak tegas pihak yang berperan memperburuk kualitas udara.

“Ketika ada sebuah perusahaan yang mengotori udara, kami ambil langkah mencabut izin lingkungan hidupnya,” kata Anies saat ditemui usai salat Iduladha di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara, Ahad (10/07/2022).

Your thoughts? Let us know!