Cara-Cara Simpel Buat Lo Menerapkan Pancasila Ala Generasi Z

Cara-Cara Simpel Buat Lo Menerapkan Pancasila Ala Generasi Z
access_time 2 bulan yang lalu

Meski generasi terus berubah, nilai-nilai pancasila mesti tetap berdiri tegak 

Tepat 1 juni, kita merayakannya sebagai Hari Pancasila. Hari ini bisa jadi relaksasi ke diri sendiri, udah seberapa pancasila-kah Lo? Sebagai generasi Z, gak perlu ribet untuk Lo implementasiin nilai-nilai pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari. 

Tenang aja, kali ini kita bukan lagi belajar PPKN seperti waktu di sekolah atau kampus. USS Feeds bakal kasih tau cara simpel buat nerapin pancasila ke dalam kehidupan. Let’s check this out!

Pancasila ke-1, Ketuhanan yang maha esa 

Sebagai negara hukum, Indonesia mengakui ada 6 agama di negara ini. Untuk mengaplikasikan sila pertama, Lo bisa melakukannya dengan saling menghormati perbedaan kepercayaan satu sama lain. 

Agama yang sifatnya transidental bukan lagi jadi urusan orang lain untuk mengatur sampai mengutuk kepercayaan orang lain. Pasalnya hal-hal kurang baik seperti menanyakan “apa agama Lo” masih banyak terjadi pada media sosial. 

Menanyakan agama mungkin boleh aja, asal konteksnya jelas. Kalau untuk kepentingan administrasi, ya mungkin emang kebutuhan. Tapi kalo kepo doang, buat apa? Karena kita gak perlu menilai seseorang berdasarkan kepercayaannya saja. 

Jadi, selalu kasih respect untuk agama yang setiap orang anut. 

Cara-Cara Simpel Buat Lo Menerapkan Pancasila Ala Generasi Z

Kemanusiaan yang adil dan beradab 

Anak muda zaman sekarang, termasuk Lo yang baca ini, mungkin hidup bareng smartphone yang Lo pegang 24/7. Kehidupan pada media sosial seakan jadi salah satu aspek yang butuh untuk terpenuhi. Sayangnya, masih ada aja perbuatan yang kurang bijak dalam bermedia sosial. Jempol-Jempol netizen masih seenaknya buat nulis hal-hal negatif. 

Kalau Lo masih ingat, netizen Indonesia bahkan sempat disebut gak sopan oleh Microsoft. Alih-alih mundur, akun Instagram Microsoft pun kena serang netizen Indonesia. Hal ini pun jadi kebiasaan jelek yang masih sering terjadi. 

So, untuk mengaplikasikan sila ke-2, Lo cukup memiliki adab yang baik dalam bermedia sosial dan menghormati orang lain. Apalagi kalau orang itu cuma Lo kenal dari media sosialnya. 

Persatuan Indonesia

Kalau yang ini, udah jelas garuda di dadaku. Garuda kebanggaanku. Lo harus bangga jadi anak muda Indonesia yang bakal nerusin bangsa ini. Karena kalau bukan kita, siapa lagi? 

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 

Sila ke-4 ini salah satu kuncinya adalah kebersamaan. Lo perlu menghargai keputusan bersama karena kita hidup dalam negara demokrasi. Jadi kalo Lo lagi bareng temen-temen dan voting tapi pilihan Lo kalah, jangan marah ya. 

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 

Seluruh rakyat Indonesia berhak mendapat haknya buat dihormati, bukan buat yang good looking doang.

close

Cara-Cara Simpel Buat Lo Menerapkan Pancasila Ala Generasi Z

Search
close