🥼7 Cara Rawat Sweater Supaya Tidak Mudah Rusak

access_time 1 tahun yang lalu

Indonesia terkadang mengalami musim dingin meskipun sedang kemarau. Oleh karenanya, banyak sekali yang memilih menggunakan sweater agar menjaga tubuh tetap hangat. Namun dalam pemakaian sweater ini banyak orang yang belum tahu cara merawatnya supaya tidak rusak. Kalau kalian salah satunya, bisa cek ulasan di bawah ini. 

Hindari menggantung sweater dengan hanger 

sweater
Via: Liputan6

Cara pertama untuk merawat sweater adalah hindari menggantung sweater dengan hanger. Alasannya karena bentuk pakaian tersebut bisa berubah pada bagian lengan, leher, atau pundaknya. Alangkah lebih baiknya setelah dicuci, sweater dilipat dan disimpan pada kotak kayu, kanvas atau kemasan karton. Selain supaya bentuk tidak berubah, penyimpanan dengan cara ini berfungsi untuk menghindari ngengat dan bau wanginya akan bertahan lebih lama. 

Gunakan kamper pada saat menyimpan sweater 

sweater
Via: Cukizu Furniture

Masih dalam bahasan menyimpan, ada hal lain yang perlu diketahui. Yakni memberi kamper di sekitar pakaian hangat tersebut. Tujuannya supaya tidak ada ngengat yang mendekati sweater meskipun dalam jangka waktu yang lama. 

Tidak menggunakan sikat pada saat mencuci 

sweater
Via: Beritagar

Kemudian, kalian tidak diperbolehkan menggunakan sikat ketika mencuci. Pasalnya, sikat dapat merusak serat-serat sweater, sehingga rajutan bisa terlepas atau menjadi melar. Maka dari itu, cara mencuci yang benar adalah dengan merendam dan menguceknya secara halus. 

Pisahkan sweater dengan pakaian lainnya 

sweater
Via: Casaindonesia

Hal lain yang perlu diperhatikan pada saat mencuci sweater adalah memisahkannya dengan pakaian lainnya. Itu dilakukan supaya sweater tidak bergesekan dengan baju lainnya yang dapat membuat pakaian hangat ini menjadi rusak. Alangkah lebih baik lagi kalau saat mencuci, campurkan dengan pelembut agar permukaan sweater tidak kasar. 

Cepat memperbaiki kalau ada kerusakan 

sweater
Via: Stylo ID

Sweater terkadang lebih mudah rusak lantaran keteledoran pemilik atau faktor lainnya. Nah, kalau kalian menemukan ada kerusakan pada sweater, jangan dibiarkan terlalu lama ya. Pasalnya, hal ini bisa membuat kerusakan yang lebih parah. Jadi, tambal kerusakan yang ada secepat mungkin. 

Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung 

sweater
Via: Dekoruma

Cara selanjutnya adalah hindari menjemur di bawah sinar matahari secara langsung. Jemurlah di tempat yang semi outdoor agar sweater tidak menggumpal dan mencegah adanya penyusutan. Tapi tetap jangan jemur menggunakan hanger, ya. 

Jangan terlalu sering dicuci 

Via: Stylo ID

Untuk pakaian hangat satu ini tidak boleh terlalu sering dicuci. Itu karena bisa membuat permukaannya menjadi lebih cepat rusak. Nah, untuk mengatasinya, kalian tidak menggunakan pakaian hangat ini untuk baju utama. Pakailah baju berbahan katun di bagian dalam agar sweater tidak bersentuhan langsung dengan tubuh kalian. 

Jadi, itulah beberapa cara untuk merawat sweater supaya tidak mudah rusak. Bagi kalian yang punya pakaian hangat ini harus banget untuk mencoba cara-cara di atas.  

close

🥼7 Cara Rawat Sweater Supaya Tidak Mudah Rusak

Search
close