Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ngerayain Hari Ibu Selain Ngucapin di Medsos

Asal-Usul Hari Ibu

Hari Ibu di Indonesia dirayain pada 22 Desember setiap tahunnya. Di hari ini pasti banyak banget ucapan terima kasih buat perjuangan dan pengorbanan ibu hebat di luar sana. Di banyak negara lain, Hari Ibu dirayain di hari minggu kedua bulan Mei.

Tapi, sebenernya sejak kapan sih dirayain, dan kenapa?

Dilansir dar lamani History, Hari Ibu sebenarnya dipopulerkan sama seseorang yang bernama Anna Jarvis di Amerika Serikat (AS) tahun 1908. Di tahun itu, perayaan ini belum jadi hari raya. Barulah di tahun 1914 hari tersebut jadi hari raya di AS.
Fakta menariknya adalah, setelah jadi hari raya, Anna Jarvis berusaha buat berhentiin komersialisasi dari hari ini dan menariknya dari deretan tanggal merah karena dia ngerasa kalau Hari Ibu seharusnya adalah hal yang sangat intim.

Di AS sendiri, hari ini dirayain lewat kartu ucapan dan kado yang dikasih. Nah, apa semua tradisi kayak gini?

Perayaan di Berbagai Belahan Dunia

Nggak semua Hari Ibu dirayain pake cara yang sama. Semua mungkin sepakat harus berterima kasih sama sosok ibu, tapi gimana ya cara berterima kasihnya? Dilansir dari laman Scholastic, berikut tradisi perayaannya di berbagai belahan dunia.

India

Tiap Oktober, di India ada sebuah festival bernama Durga Puja. Durga adalah nama dewi ibu, dan festival ini dirayakan untuk memanjatkan rasa syukur untuk para ibu. Durga Puja dirayakan selama 10 hari . 

Biasanya, orang India pulang ke rumah untuk merayakan festival dengan menghias rumah, memasak, dan makan besar dengan keluarga. Festival ini ditaksir sudah dimulai sejak abad keenam belas.

Jepang

Di Jepang, setelah Perang Dunia ke-2, ada sebuah kebiasaan di mana para anak memberikan bunga pada ibu. 

Bunga yang diberikan adalah Anyelir, dan ada dua warna yang biasa diberikan. Anyelir merah untuk ibu yang masih hidup, dan Anyelir putih untuk ibu yang sudah meninggal dunia. 

Etiopia

Ada sebuah festival yang namanya Anthrost di Etiopia. Festival yang digelar di awal musim gugur ini ditujukan buat nunjukkin rasa terima kasih buat ibu. 

Biasanya, anak perempuan datang dengan membawa sayur-mayur dan keju, sedangkan anak laki-laki membawa pulang daging. Di sana, mereka memasak bersama lalu menutup festival dengan nyanyi bareng.

Inggris

Mothering Sunday adalah kebiasaan unik gereja di Inggris. Biasanya, untuk menghormati para ibu maka akan ada acara kumpul keluarga.Setelah berkumpul, mereka akan pergi ke gereja yang pertama dihadiri sebagai sebuah keluarga. Kebiasaan atau tradisi ini ditaksir sudah dimulai sejak tahun 1700-an.

Sekarang, tradisinya masih tetap berjalan. Biasanya pihak gereja membagikan bunga daffodil untuk para anak buat diberikan ke ibunya.

Prancis

Prancis punya salah satu tradisi yang menarik untuk merayakan Hari Ibu. Berbeda dengan festival atau perayaan lain, inisiatif ini datang dari pemerintah. Sejak tahun 1920, pemerintah Prancis menghadiahkan medali buat para Ibu. 

Awalnya, hal ini dilakukan buat menghormati jasa ibu yang sudah meningkatkan dan menjaga populasi karena dampak Perang Dunia I yang merenggut banyak jiwa. Setelah Perang Dunia II, pemerintah menyatakan bahwa hari minggu terakhir di bulan Mei jadi hari ibu. Kini, medali tak lagi dibagikan tetapi biasanya para anak menghadiahi ibu dengan kue berbentuk bunga.

I love you more, Mommy. - Lolcats - lol | cat memes | funny cats | funny  cat pictures with words on them | funny pictures | lol cat memes | lol cats

Sejarah di Indonesia

Di Indonesia, dilansir dari laman Kemdikbud, awal mula Hari Ibu jatuh di tanggal 22 Desember adalah karena Konggres Perempuan Indonesia Pertama yang berlangsung 22 s/d 25 Desember 1928. 

Pada Konggres Perempuan Indonesia III pada 1938 Hari Ibu akhirnya dikukuhkan oleh para peserta kongres. Sebelum akhirnya diresmikan oleh Presiden Soekarno, ada peringatan Hari Ibu yang ke-25 pada tahun 1953 yang jadi salah satu acara terbesar dengan melibatkan 85 kota dari Meulaboh sampai Ternate.

Sedangkan untuk peresmiannya, Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 tentang penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu Nasional.

Rekomendasi Cara Merayakan Hari Ibu

Kalau misal kamu cari cara buat peringati Hari Ibu, di bawah ini ada beberapa rekomendasinya:

  1. Masak Bareng
  2. Ngerangkai Bunga
  3. Piknik Bareng Keluarga
  4. Nonton Bareng Film Favorit Ibu
  5. Ngegambar atau Ngelukis Bareng
  6. Ngasih Hadiah Buatan Tangan
  7. Ngabisin Waktu Seharian Sama Ibu

Dan misalkan dalam situasi ibu kamu udah tiada, kamu pun masih bisa ngerayain Hari Ibu dengan beberapa cara, contohnya:

  1. Berziarah ke Makam Mendiang Ibu
  2. Berkunjung ke Rumah Keluarga Ibu
  3. Bersedekah atas Nama Ibu

Ada cara lain?

Let us know your thoughts!