Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

👫Clingy Adalah Rasa Cinta Berlebihan, Kamu Mengalaminya?

Dalam hubungan percintaan, pasti ada saja sebuah sifat yang mendominasi. Salah satunya seperti clingy yang kini banyak dibicarakan. Clingy adalah suatu sifat di mana seseorang selalu ingin dekat dengan pasangannya. Ke manapun pasangannya pergi, ia harus selalu ikut, begitupun sebaliknya. Mungkin sesekali hal ini cukup menggemaskan. Namun, jika sifat satu ini terjadi terus menerus, membuat lelah dan bisa memperburuk hubungan ke depannya. Nah, supaya hubungan kamu tetap baik-baik saja, yuk kenali sifat ini lebih jauh. 

  • Pengertian clingy adalah 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, clingy adalah sifat tidak mau jauh dari pasangannya. Bisa dibilang ini adalah sifat yang lebih dari manja karena ditambah dengan ketergantungan yang amat sangat. Contohnya saja seperti ingin diantar jemput dan lain sebagainya. Hal ini tentu membuat kesal pasangan karena sangat mengganggu. 

  • Penyebab clingy 

Ada beberapa penyebab mengapa seseorang bisa mempunyai sifat clingy. Beberapa di antaranya adalah berikut ini. 

– Punya trauma masa lalu 

clingy adalah
Via: KlikDokter

Penyebab pertama bisa saja karena ada trauma masa lalu. Di mana ia pernah ditinggalkan atau disakiti dengan berbagai macam alasan. Oleh karenanya, ia bersikap clingy seakan tidak ingin kehilangan untuk kesekian kalinya. 

– Tidak menetapkan batasan di dalam hubungan 

clingy adalah
Via: IDN Times

Faktor lainnya adalah tidak menetapkan batasan di dalam hubungan. Batasan ini sangat perlu disepakati supaya keduanya sama-sama nyaman. 

– Terlalu cinta 

clingy adalah
Via: Beautynesia

Sikap terlalu cinta alias bucin memang sebenarnya kurang baik. Dikarenakan bisa mengakibatkan ketergantungan yang berlebih, salah satunya clingy ini. Bersikaplah tetap mencinta namun dalam batas wajar. 

  • Tanda pasangan terlalu clingy adalah 

Ada beberapa ciri jika pasangan mempunyai sifat manja berlebihan. Contohnya seperti di bawah ini. 

– Selalu ingin ikut kemanapun kamu pergi 

clingy adalah
Via: SehatQ

Ciri pertama yang paling sering terlihat adalah selalu ingin ikut kemanapun kamu pergi. Tak peduli tempat dan acaranya, ia pasti ingin ikut. Jika kamu memilih pergi tanpanya, ia akan merasa marah dan bisa memperpanjang masalah. 

– Selalu cemburu 

clingy adalah
Via: Tribun

Selanjutnya adalah selalu bersikap cemburu kepada siapapun yang dekat denganmu. Entah teman atau saudara. Bahkan, ada juga yang cemburu walaupun bukan lawan jenis. Tak heran banyak yang jengah dengan sikap ini dan mengakibatkan perpecahan hubungan. 

– Kerap memeriksa media sosial 

clingy adalah
Via: Suara

Masih berhubungan dengan cemburu, sifat clingy bisa berupa terlalu sering memeriksa media sosial kamu. Ia tidak ingin kamu berkomunikasi dengan siapapun, terutama lawan jenis. Kalau ada chat yang menurutnya tidak ia sukai, maka dia tak segan untuk menghapusnya atau malah melabrak orang yang menghubungimu. 

– Tidak pernah percaya dengan kamu 

clingy adalah
Via: Sociolla

Tidak pernah percaya adalah nama tengah dari orang yang punya sifat clingy. Sejujur apapun kamu, ia akan tetap menaruh rasa curiga. Apalagi ketika kamu menjelaskan tentang lawan jenis. 

– Menuntut pasangan untuk selalu mengungkapkan rasa cinta 

Via: Tabloid Cinta

Tanda lainnya adalah selalu menuntut pasangannya untuk mengungkap rasa cinta. Ini karena ia merasa insecure terhadap dirinya sendiri. Jika rasa cinta ini tak diungkapkan kepadanya, ia akan merasa tidak dicintai lagi. 

  • Cara menghindari sifat clingy adalah 

Kamu atau pasangan punya sifat-sifat di atas? Sebenarnya tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk menghindarinya. 

– Mencoba untuk percaya 

Via: Klik Dokter

Cara pertama adalah mencoba untuk percaya kepada pasangan. Coba hilangkan pikiran negatif terhadap pasangan. Kemudian, jika ia membeberkan sebuah alasan ketika kamu menanyakannya, coba untuk dengarkan. Jangan disanggah agar tidak ada salah paham di antara kalian. 

– Berfokus pada diri sendiri 

Via: Mudation

Kemudian, cobalah untuk fokus terhadap diri sendiri. Hal ini bertujuan supaya kamu tidak terus menerus memikirkan pasangan. Kamu bisa mencoba hal baru atau mengambil kursus agar skill bertambah. 

– Membangun percaya diri 

Via: Klik Dokter

Bangunlah percaya diri kamu dari sekarang. Jangan mudah merasa insecure atas apapun. Baik fisik maupun kekurangan lainnya. Sebab setiap manusia mempunyai keistimewaan tersendiri. 

Clingy adalah sampai dengan cara mengatasinya sudah dijelaskan secara lengkap di atas. Kamu yang punya sifat ini disarankan untuk menguranginya agar tidak terjadi salah paham di kemudian hari. Yuk cintai pasangan dalam batas wajar agar pasangan juga tidak merasa terkekang. 

Baca juga: