Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dua Ekor Harimau Sumatera Resmi Dilepas di Taman Nasional Kerinci Seblat

Dilepas di dua lokasi alam

Dua ekor Harimau Sumatera, Surya (jantan) dan Citra Kartini (betina) akhirnya dilepaskan.

Adapun pelepasliaran tersebut dilakukan pada dua lokasi zona inti Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) pada 7 dan 8 Juni.

Dua Ekor Harimau Sumatera Resmi Dilepas di Taman Nasional Kerinci Seblat
via Jambiupdate.co

Pelepasan di dua lokasi ini untuk menghindari inbreeding atau kawin kerabat yang dapat menurunkan kualitas genetis keturunannya nanti. Jarak pelepasan kedua harimau Sumatera ini berkisar 15 km, ” kata Plt. Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Irzal Azhar.

Ini alasan TNKS dipilih jadi lokasi pelepasliaran dua harimau Sumatera

Pemilihan lokasi pelepasliaran di Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan hasil kajian cepat yang dilakukan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat bersama dengan lembaga SINTAS Indonesia dengan penggunaan software Maximum Entropy.

Untuk memprediksi lokasi pelepasliaran harimau Sumatera, Selain menggunakan software MaxEnt dilakukan juga survey lapangan untuk mengecek kondisi kesesuaian lokasi pelepasliaran harimau Sumatra, ” paparnya.

Hasil survey dari tim lapangan juga menjelaskan bahwa lokasi ini merupakan habitat yang ideal dan memiliki pakan yang cukup.

Berada di zona inti kawasan TNKS dan jauh dari pemukiman masyarakat juga menjadi alasan lain kenapa pelepasliaran dilakukan di sana.

Hasil dari survey yang dilakukan BBTNKS dan Fauna & Flora Internasional (FFI) dari Tahun 2005 hingga 2021 menggunakan camera trap telah berhasil mengidentifikasi sebanyak 93 individu harimau Sumatra di kawasan TNKS. Pada 2021 dan 2022 sebanyak 2 individu harimau Sumatra juga sebelumnya telah dilepas liarkan ke dalam kawasan TNKS, ” urainya.

Untuk diketahui, Surya dan Citra sebelumnya sempat di rawat di Suaka Satwa Harimau Sumatera Baramun di Desa Batu Nanggar, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padanlawas, Sumatera Utara

Top image via Twitter Kementerian LHK

Let us know your thoughts!