Guernica Club, Sang Pencipta Kedamaian dari Jakarta

access_time 4 hari yang lalu

Kehadiran grup band asal Jakarta, Guernica Club semakin menghiasi industri musik Indonesia. Dengan genre dance-pop yang diusungnya membuat telinga pendengarnya menjadi semakin berwarna.

Beberapa waktu lalu, mereka baru saja merilis EP debut mereka bertajuk “Self Esteem in Progress“. Mari kita kulik mereka untuk kenal lebih dekat.

Guernica Club adalah Lambang Perdamaian

Guernica Club
@guernica.club

Mendengar nama Guernica Club sangat menarik untuk dicari tahu lebih dalam. Digawangi empat personel, di antaranya Kenisa (vokal), Fathur (bass), Raynaldo (gitar), dan Yosua (keyboard).

Mengutip Siasat Partikelir, nama Guernica Club sendiri muncul seperti apa yang dikatakan oleh seorang seniman, Pablo Picasso yang jika diterjemahkan dalam istilah artinya adalah dapat menciptakan perdamaian. Hadirnya grup band ini juga menjadi langkah awal untuk bisa berdamai dengan diri mereka sendiri.

Karya perdana yang mereka luncurkan berjudul “Starry Night“, di mana lagu ini dirilis pada akhir tahun 2020 lalu. Memulai awal karier di tengah masa pandemi jadi langkah yang berani untuk mereka muncul ke permukaan.

Lagu ini pun seakan menjadi menu pembuka sebagai tahap perkenalan perdana mereka kepada publik. Maka dari itu tema lagu yang mereka bawakan adalah cerita universal yang dapat diterima oleh seluruh pendengar, yaitu cinta.

Read more:

Guernica Club
@guernica.club

Bercerita tentang sebuah perjalanan cinta seseorang kepada kekasih hati yang kini sudah menjauh, dan ingin menghilangkan rasa sakitnya melalui musik atau musical remedy. Alhasil, lagu ini berhasil menciptakan suasana menyenangkan dan damai, seperti apa yang mereka mau.

Dialog yang diciptakan membuat lagu ini jadi tidak membosankan, apalagi dengan vibe ala-ala lagu disco 80-an. Pemilihan suara keyboard dan drum jadi kunci yang menghasilkan lagu-lagu mereka semakin terdengar groovy.

Memang jika didengar nuansa musik mereka seperti lagu pop 2020 dengan sentuhan disko seperti musisi lainnya. Tapi entah mengapa ada yang berbeda dari yang dilakukan Guernica Club.

Debut EP “Self Esteem in Progress”

Guernica Club
@guernica.club

Melanjutkan produktivitasnya di tahun 2021, bulan April kemarin mereka baru saja meluncurkan EP bertajuk “Self Esteem in Progress”. Mini album ini berisi dua lagu yang berjudul “Uncertainty” dan “Pandemic“.

Hadirnya EP ini juga menjadi pengingat bahwa untuk dapat menghibur diri sendiri, hal pertama yang harus dilakukan adalah percaya diri dan membangun versi yang lebih baik dari diri kita.

Tampak pada single “Uncertainty” mengambil pendekatan tentang perjalanan seseorang yang bersedia mengambil risiko untuk mencapai tujuan tertentu. Terlepas dari rintangan yang harus dihadapinya, ia akan berusaha untuk mengatasinya.

Tidak semua tentang ketidakjelasan diisi dengan berita buruk; meskipun dapat memperburuk keadaan yang tidak menyenangkan, yang mengejutkan ‘ketidakpastian’ juga membuat peristiwa positif menjadi lebih menggembirakan,” kata sang vokalis, Kenisa Amor dikutip dari Siasat Partikelir.

Tak hanya membahas tentang masalah personal, Guernica Club juga turut membuat musik yang disangkutpautkan dengan isu global. Lagu “Pandemic” menjadi salah satu karyanya sebagai medium untuk memproyeksikan kecemasan, stres, dan overthinking yang kita alami selama masa pandemi.

Meski begitu, situasi pandemi seolah menjadi berkah bagi mereka karena dapat menghasilkan sebuah lagu yang dapat dijadikan pundi-pundi karya mereka.

_

Dengarkan EP “Self Esteem in Progress” yang sudah bisa dinikmati di seluruh platform musik digital.

close

Guernica Club, Sang Pencipta Kedamaian dari Jakarta

Search
close