Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-Hal yang Lo Mesti Siapin Jelang Lebaran: dari Macet Hingga Bagi THR Buat Keponakan!

Karena lebaran juga butuh persiapan

Hari Lebaran akhirnya jatuh pada 2 dan 3 Mei 2022. Buat umat muslim, hal ini tentu jadi kabar baik. Pasalnya dua tahun terakhir pemerintah telah membatasi mobilitas publik, termasuk untuk mudik.

Yang namanya perayaan Idul Fitri pastinya bakal dipenuhi dengan sejumlah keseruan bareng keluarga; mulai dari open house hingga pesta makan.

Namun nggak bisa dimungkiri pula, ada beberapa “tradisi” lain yang butuh persiapan mental juga.

Berikut beberapa di antaranya!


  • Macet

Dari tahun ke tahun, macet dan mudik selalu jadi dua hal yang nggak terpisahkan.

Bahkan Presiden Jokowi udah wanti-wanti ke publik terkait kepadatan yang bakal mungkin terjadi di jalan raya. Diperkirakan bakal ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor selama arus mudik.

Solusi: dengan demikian, lo mesti nyiapin sejumlah sejumlah hal; mulai dari tenaga, snack, power bank, sampe bantal duduk extra in case pantat lo pegel selama di kendaraan.

Traffic Angry GIF - Traffic Angry Why Tho - Discover & Share GIFs
Via Tenor
  • Makan Banyak

Yang namanya lebaran tentunya nggak lengkap kalo nggak ada opor, ketupat dan hidangan bersantan lainnya. Nggak heran, biasanya banyak orang ngeluh berat badan naik setelah lebaran.

Solusi: untuk antisipasi, ada baiknya lo nyiapin diet plan sebelum bersantap ria. Dengan begitu, lo nggak akan berasa guilty meski ketika makan bareng keluarga.

W817 Fast Food GIF - W817 Fast Food Eating - Discover & Share GIFs
Via Tenor
  • Keponakan minta THR

Lebaran tanpa THR itu kayak burger tanpa kentang goreng; nggak lengkap kalo nggak ada satu sama lain!

Tapi yang namanya THR biasanya nggak afdol kalo lo nikmatin sendiri. Ketika kumpul keluarga, para keponakan yang masih kecil biasanya juga minta salam tempel buat jajan.

Solusi: setelah dapet THR, sisihin sebagian buat dibagiin. Dengan begitu, lo bisa nggak overspending duit buat keponakan dan sanak saudara yang minta THR dari lo.

Riche GIFs - Get the best GIF on GIPHY
Via Giphy
  • Pertanyaan “Horor” dari keluarga

“Kapan lulus?” “Kapan punya pacar?” “Kapan nikah?” “Kapan punya anak?”

Gituuu aja terus pertanyaan yang muncul dari om dan tante ketika kumpul bareng keluarga. Sebenarnya maksudnya baik sih; mereka pengen catch up dengan lo sembari ice breaking mengingat kalian jarang ketemu. Namun kadang pertanyaan-pertanyaan itu bisa bikin bete juga!

Solusi: berhubung pertanyaan itu sering muncul tiap tahun, ada baiknya lo catet. Dengan begitu, lo bisa nyiapin jawaban atau bahkan balesan in case pertanyaan itu muncul.

Breathe In Breathe Out GIFs - Get the best GIF on GIPHY
Via Giphy

Let us know your thoughts!