Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Menjadi Manusia Bikin Platform Curhat Online Tanpa Nge-judge

Menjadi Manusia luncurkan “Ruang Cerita” di Hari Kesehatan Mental

Hari Kesehatan Mental sedunia biasa diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Bertepatan dengan peringatan tersebut di tahun ini, Menjadi Manusia menggagas platform bernama “Ruang Cerita”, di mana kita bisa curhat online tanpa judgement.

Platform tersebut mereka luncurkan setelah empat tahun media sekaligus rumah produksi konten itu berdiri. 

“Ruang Cerita” dalam hal ini merupakan layanan konsultasi nonklinis atau nonmedis secara online.

Jadi tempat aman untuk curhat

Pada hari Kesehatan Mental ini, penting bagi kita untuk sadar pentingnya bercerita tentang masalah dalam hidup ini.

Sayangnya, di zaman sekarang nggak semua orang punya tempat yang dianggap aman dan nyaman untuk bercerita, baik karena takut di-judge maupun mendapat respon negatif dari si pendengar.

Sedangkan lama-kelamaan, kalau hal seperti ini terus terjadi, kondisi mental seseorang bisa ikut terganggu. Untuk itu lah Menjadi Manusia membuat platform sebagai ruang aman untuk bercerita.

Dalam platform ini, terdapat Teman Cerita yang merupakan peer-counselor yang memiliki latar belakang psikologi atau pengalaman konseling. Teman Cerita bakal mendengarkan setiap cerita dan masalah yang dibagikan pengguna dalam sesi konseling.

Cerita tentang apa saja

Lewat platform baru ini, kita bisa bercerita tentang apapun tanpa takut dihakimi.

Mulai dari kecemasan, hubungan pertemanan, hubungan percintaan, keluarga, kehilangan motivasi maupun rasa percaya diri, dan masalah nonklinis lainnya.

Semua cerita pengguna mereka jamin bakal aman. Dengan begitu, Menjadi Manusia berharap pengguna bisa melepaskan serta berdamai dengan perasaannya masing-masing.

Tak semua orang bisa dengan mudah bercerita, apalagi memutuskan untuk mengambil langkah pertolongan profesional. Makanya, Ruang Cerita hadir sebahao solusi yang terjangkau sebelum berkonsultasi lebih lanjut ke profesional.

Harapannya, Ruang Cerita bisa hadir sebagai ruang aman dan nyaman, bagu teman teman di luar sana yang kerap bingung dan kesulitan bercerita tanpa merasa dihakimin,” ujar Co-founder & CEO Menjadi Manusia, Rhaka, Ghanisatria.

Untuk info lebih lanjut, lo bisa kunjungi ruangcerita.menjadimanusia.id

Sharing your stories is important, y’all!

Let us know your thoughts!

(Image: via Unsplash)