Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Helikopter Polri yang Hilang Kontak dan Penemuan Terbaru dari Nelayan

Helikopter milik polri diduga terjatuh

Sebelumnya helikopter milik Polri diduga jatuh setelah hilang kontak pada Minggu, 27 November 2022 siang waktu setempat.

Dugaan tersebut masih belum bisa dipastikan karena saat ini pihak berwenang masih dalam proses pencarian.

Namun pada Senin, 28 November 2022, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang melaporkan bahwa ada nelayan yang menemukan bagian yang diduga dari helikopter milik polri.

Kronologi kejadian

Pada Minggu, 27 November 2022, pesawat helikopter dengan tipe Bell 105 dengan nomor registrasi P-1103 dikbarkan hilang kontak.

Lokasi hilang kontak berada di wilayah Perairan Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rencananya kendaraan yang dimiliki Polri tersebut hendak bertolak dari Pangkalan Bun, Prov. Kalimantan Tengah menuju ke Bandar Udara Internasional HAS Hanandjoeddin, Prov. Kepulauan Bangka Belitung.

Berdasarkan laporan resminya, helikopter polri tersebut berisi kurang lebih empat orang anggota Polisi Republik Indonesia.

“Sebenarnya domainnya ada di Air Nav, namun sampai sekarang, info yang kami terima dari Air Nav seperti itu (hilang kontak),” kata Exceutive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura Cabang Bandara Internasional H. AS Hanandjoeddin Beliung, Kaerul Assidiqi di Tanjung Pandan, dilansir dari Antara.

white and black drone flying under blue sky during daytime
via Unsplash

Hasil nihil dari aduan adanya penemuan bagian dari heli

Namun pada 28 November 2022 terdapat laporan yang resmi dirilis dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, yang mengabarkan penemuan terbaru.

Penemuan terbaru tersebut berupa tiga buah bantalan berbentuk segi empat dengan tulisan ‘polisi udara’ yang diduga salah satu dari bagian helikopter yang terlihat seperti jok.

Bagian yang diduga jok tersebut ditemukan oleh seorang nelayan atas nama Sobri. Namun saat dicek langsung oleh petugas, ternyata hasilnya nihil.

“Terima informasi bahwa sekitar pukul 14.00 WIB terkonfirmasi 3 buah jok heli ditemukan oleh nelayan atas nama Sobri di perkirakan 3 Nm dari Pelabuhan Manggar,” kata kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan PangkalpinangI made Oka Astawa, dalam keterangan resmi, dilansir dari detik.

aerial view photography of helicopter cockpit and cityscape by water
via Unsplash

What are your thoughts? Let uss know!

Image via Unsplash