Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Human Design Chart, Cara Ngenalin Diri Selain lewat Astrologi & MBTI

Panduan Ngenalin Diri Sendiri

Human Design Chart ini kurang lebih punya fungsi yang sama dengan Natal Chart, Enneagram, Gen Keys sama MBTI. Semuanya sama-sama dipake buat jadi panduan ngenalin diri sendiri.

Sejak beberapa tahun belakangan, setelah astrologi dapet tempat di masyarakat, mulai banyak bermunculan hal serupa meski memang udah ada dari dulu sebernernya. Entah cuma buat seru-seruan biar bisa jadi bahan obrolan sama temen atau gebeten, atau memang lagi ngikutin tren, pasti di satu momen hidupmu kamu pernah coba salah satu dari yang disebutin di atas.

Belom lagi tren Myers-Briggs Trait Indicator (MBTI) yang jadi polemik sebagai sebuah ilmu atau cuma ilmu semu alias pseudosains. Di balik semua itu, kebanyakan dari kita pasti pernah menjelaskan diri kita dalam empat huruf hasil asesmen MBTI.

Apapun alesannya, ngenalin diri sendiri dengan lebih baik bukan ide yang buruk. Meskipun orang nggak nganggap ilmu semu jadi hal yang serius, ini juga bukan hal yang bisa dianggap remeh. Toh banyak yang terbantu juga.

Human Design Chart

Nama chart ini mungkin masih asing di kuping orang-orang dan nggak sepopuler Natal Chart. Tapi, bukan berarti chart ini sifatnya inferior. Keduanya punya kegunaannya masing-masing sebagai praktik buat ngenalin diri sendiri.

Secara garis besar, dilansir dari Jovian Archive, kecanggihan Human Design Chart ini terletak di sisi kekayaan referensi yang diambil. J. R. Hustwit, seorang ahli teologi, bahkan bilang kalau Human Design Chart ini adalah sebuah “transreligious project” dengan skala yang sangat masif.

Pasalnya, ketika pake chart ini, kamu bakal liat apa yang disebut sebagai Rave Mandala. Rave Mandala ini adalah sebuah grafik yang dibentuk dari astrologi, sephiroth dari Yahudi Kaballah, filosofi kitab Weda umat Hindu, serta I Ching/Yi Jing yang merupakan kumpulan teks Cina klasik buat manual ramalan di zaman Zhou (1000-750 SM). Semuanya berhubungan sama energi, chakra, alam, dan juga spiritualitas.

Dari chart ini, kamu bisa tahu kepribadian, tendensi, cara pengambilan keputusan, cara komunikasi efektif, pola diet, bahkan sampe lingkungan di mana sebaiknya kamu tinggal cuma dengan masukin nama sama tempat dan tanggal lahir. Secara garis besar, Human Design Chart bisa jadi pedoman yang cukup detail.

5 Jenis Energi Human Design Chart

Dalam Human Design Chart, ada 5 jenis energi dalam kepribadian seseorang. Dilansir dari Wikihow, inilah jenis-jenisnya?

Manifestor

Para manifestor punya energi yang kuat dan spontan. Biasanya, jenis ini adalah seorang inovator dan inisiator yang baik.

Generator

Seorang generator punya aura yang “uplifting” yang buat orang tertarik berkumpul di dekatnya. Mereka punya energi yang nggak terbatas buat hal yang disukainya.

Manifesting Generator

Gabungan dari manifestor dan generator. Seseorang yang hidup sebagai inovator dan dengan energi yang meluap-luap.

Projector

Projector punya pandangan yang unik dalam ngeliat dunia. Ditakdirkan buat ngeliat pola dari segala aspek kehidupan.

Reflector

Sesuai namanya, reflector itu seorang yang punya empati tinggi dan intuitif. Mereka cukup sensitif buat bisa beradaptasi di setiap lingkungan.

Sejarah Human Design Chart

Dilansir dari Jovian Archive, chart yang rumit ini lahir dari tangan Alan Robert Krakower. Dia merilisnya lewat sebuah buku berjudul The Human Design System dengan alias Ra Uru Hu di tahun 1992.

Dia punya gelar Bachelor of Arts dan ketertarikan khusus sama seni. Di perjalanannya, sebelum akhirnya nerbitin bukunya dia pernah bekerja sebagai advertising executive, magazine publisher, media producer, dan bahkan seorang guru.

Awal alasannya dia bikin tuh karena dia denger “suara” dari eksistensi yang punya intelegensi yang tinggi. Hal ini berlangsung selama delapan hari. Setelahnya, barulah dia menuliskan apa yang dia dapet dari transmisi.

Boom Mind Blown GIF - Boom Mind Blown Mind Blowing ...

Natal Chart Vs. Human Design Chart

Berdasarkan laman Holistiscism, Human Design Chart sudah memasukkan unsur astrologi di dalamnya, penjelasannya lebih mendetail kalau ditelusuri secara mendalam.

Hematnya, kamu bisa cek Natal Chart buat informasi yang lebih ringkas soal diri. Sedangkan, kalau kamu punya banyak waktu luang dan bisa nyerap informasi yang lebih banyak disarankan kamu cek Human Design Chart. Selain itu, masih ada juga MBTI, Enneagram, dan Gene Keys.

Kalau kamu udah coba yang mana aja?

Let us know your thoughts!