Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa NewJeans Bisa Populer Banget Walau Masih Baru?

Kenalan sama NewJeans

Sebagian besar orang mungkin udah kenal sama girl group k-pop yang baru meroket setahun  terakhir, NewJeans. 

Mereka adalah grup yang berada di bawah label ADOR, anak perusahaan dari dan HYBE yang kita kenal sudah meluncurkan BTS dkk. Girl group ini terkenal dengan gaya Y2K-nya yang kental.

Yang bikin banyak orang terkejut adalah umur membernya yang masih muda, antara 14-18 tahun. Grup ini beranggotakan lima orang, yaitu Minji  (18), Hanni (18), Danielle (17), Haerin (16), dan yang paling muda, Hyein (14).

Popularitas yang Meroket

Kalau kita tari benangnya ke belakang, sebenarnya si label yang dulu dikenal dengan nama Big Hit Entertainment itu sudah mulai berancang-ancang buat bikin girl group sejak 2019 silam.

Fast forward ke tahun 2022, tanpa ba bi bu, debut single “Attention” pun rilis dan jadi kejutan di dunia k-pop. Pasalnya, tanpa promosi besar bahkan perkenalan grup, MV-nya berhasil ditonton 1,3 juta kali dalam 24 jam pertama. 

Kini, NewJeans sudah berhasil mendapat berbagai penghargaan, mulai dari Rookie of the Year dari Asia Artist Awards 2022, hingga Hot Rookie dari The-K Billboard Awards.

Kini, dengan usia grup yang masih belum setahun, mereka sudah mengumpulkan 3,7 juta followers di Instagram dan 1,95 juta subscribers di YouTube.

Mungkin kita bertanya-tanya: kok bisa? 

Ini beberapa faktor yang mungkin bikin mereka jadi se-populer sekarang dalam waktu singkat.

Konsep Segar dari NewJeans

Bisa dibilang, popularitas yang mereka dapatkan itu cukup instan, mengingat mereka baru debut pertengahan tahun 2022 lalu. Saat ini NewJeans sudah meraup lebih dari 10 juta pendengar bulanan di Spotify, padahal mereka baru rilis empat lagu. 

Melansir Soompi, banyak pemerhati mode yang melihat konsep fashion grup ini adalah kombinasi yang pas antara Y2K dengan gaya Gen Z.

Nggak cuma soal fashion, banyak juga yang menganggap kalau koreografi dance mereka juga nggak neko-neko, jadi lebih mudah diikuti.

Target audiens yang tepat sasaran?

Kalau zaman dulu girl group identik dengan persona sexy atau cute di mata laki-laki, sekarang trennya makin bergeser. 

Girl group ini punya image sebagai “role model” bagi cewek-cewek muda. Gaya a la Y2K-nya yang lebih kasual juga jadi daya tarik mereka yang bikin makin relatable.

Mulai dari tone MV, tema di musik mereka, sampai ekspresinya pun nunjukkin kalau NewJeans menggambarkan keseharian dan ramah terhadap para perempuan muda.

Contohnya udah kelihataan dari single pertama, “Attention” yang ngasih lihat keceriaan anak-anak muda, dari bikin video joget-joget, road trip sampai shopping bareng.

Benar aja, data membuktikan kalau pembeli debut album mereka kebanyakan adalah perempuan dengan umur 20 sampai 30-an tahun. 

Musik yang Catchy

Last but not least, grup k-pop nggak lengkap tanpa musik yang catchy dan enak didengar.

Track seperti “Attention” dan “Hype Boy” pun langsung naik ke tangga musik beberapa hari setelah perilisannya. 

Dalam album pertamanya, “New Jeans,” lagu-lagunya kental dengan vibe Y2K. Album itu pun punya track yang lintas genre, dari R&B, moombahton, electropop, hingga hip-hop.

Menurut ADOR, genre-genre ini ramah untuk didengar kapan saja, dimana saja. Mereka juga bilang kalau proses produksi musiknya fokus kepada suara para member, tanpa ngedit terlalu banyak.

Let us know your thoughts!