Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Suara Bersin Bapak-Bapak Kenceng Banget?

Bersin ada tipe-tipenya

Kalo kalian pernah denger suara bersin bapak-bapak, pasti kalian udah tau kalo suara bersinnya  cenderung kenceng.

Nggak jarang, suara tersebut bikin kaget. Kontras dengan, misalnya, suara bersin remaja perempuan yang lebih pelan dan tenang. Kenapa bisa begitu?

Honey Boo Boo Sneezing Gif By RealitytvGIF - Find & Share on GIPHY
(Via Giphy)
Baca juga: The Last of Us Episode 2 Pecahkan Rekor, Jumlah Penonton Naik 22%

Penyebab suara bisa bersin kenceng banget

Suara bersin dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu faktor yang paling dominan adalah ukuran badan yang bisa berpengaruh pada kapasitas paru-paru dan/atau dimensi nasal dan sinus.

Makin besar lubang hidungnya, makin banyak udara yang dihirup, maka makin besar juga volume suara ketika bersin.

Nggak cuma soal anatomi, suara bersin juga dipengaruhi oleh faktor psikologis. Percaya atau nggak, jenis suaranya juga bisa dipengaruhi kepribadian seseorang.

“Bersin itu kayak ketawa. Ada yang suaranya keras, ada yang suaranya lembut,” jelas Dr. Alan Hirsh, seorang neurologist, psychiatrist pendiri dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation in Chicago.

“Dan mirip kayak bersin…hal ini berkaitan dengan faktor psikologis yang merepresentasikan kepribadian atau struktur karakter seseorang.

Hmm Thinking GIF - Hmm Thinking Think - Discover & Share GIFs
(Via Giphy)
Baca juga: Pemkot Depok Buat 118 Titik Punya WiFi Gratis, dari Masjid sampai JPO

Berhubungan sama kepribadian

Sebuah analisa dari Benadryl, perusahaan obat alergi yang berbasis di Amerika Serikat dan Kanada, juga sempat mengklasifikasikan kepribadian berdasarkan suara bersinnya.

  • The Nice or Sensitive Sneezer: orang ini biasanya bersin hanya sekali dan memalingkan wajah ketika melakukan hal tersebut. Tipe ini cenderung menghindari konflik, menghargai hubungan dan punya perilaku yang suportif dan mampu membina.
  • To Be Right Sneezer: orang ini biasanya menutup mulut. Ia adalah orang yang hati-hati dan teliti, dan menghabiskan banyak waktu sebelum mengucapkan sesuatu ke orang lain.
  • The Get It Done Sneezer: orang ini biasanya menahan bersinnya jika memungkinkan. Namun jika nggak bisa ditahan, biasanya suaranya keras. Tipe ini biasanya adalah sosok pemimpin yang mampu membuat keputusan dan bisa bekerja secepat dan seefisien mungkin.
  • The Enthusiastic Sneezer: orang yang bersinnya paling keras dan bunyinya paling aneh dan berkali-kali. Orang tersebut biasanya karismatik, punya spontanitas dan nggak takut untuk mengungkapkan perasaannya.

Your thoughts? Let us know!

Mr Bean Runny Nose GIF - Mr Bean Runny Nose Sneeze - Discover & Share GIFs
Via Giphy

(Foto: Unsplash, Tiger Aspect Productions)