Konsep Work-Life Balance Disebut Jeff Bezos Kurang Efektif, Apa Alasannya?

Konsep Work-Life Balance Disebut Jeff Bezos Kurang Efektif, Apa Alasannya?
access_time 3 hari yang lalu

Work-life balance alias keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan disebut pendiri Amazon kurang efektif.

Bahkan Jeff Bezos menyebut kalau ide ‘work life balance’ bisa melemahkan para pekerja.

Dibanding work-life balance, Besoz pilih kata ‘Harmony’

Sebelumnya, pada bula April 2018, Bezos pernah menjelaskan bahwa karyawan di Amazon tidak boleh melihat kehidupan dan pekerjaan sebagai konsep ‘balanced’ alias keseimbangan.

Menurutnya kedua hal itu harus dilihat sebagai dua hal terpisah agar setiap orang bisa lebih produktif. “Saya pikir keharmonisan kehidupan kerja adalah kerangka kerja yang baik,” tuturnya seperti dilansir CNBC.

Konsep Work Life Balance Disebut Jeff Bezos Kurang Efektif, Apa Alasannya?
via Pinterest / businessinsider.com

Orang terkaya nomor dua di dunia itu lebih senang dengan konsep harmonisasi atau keselarasan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Menurtunya, aktivitas pribadi dan pekerjaan adalah sebuah pola lingkaran yang selaras dan bukan bagian yang harus dipisah serta diseimbangkan.

Saya lebih suka kata ‘harmoni’ daripada ‘keseimbangan’ karena keseimbangan cenderung menuntut seseorang untuk membuat keputusan terhadap dua hal,” tuturnya.

Konsep balance sering tidak akurat, karyawan kerap merasakan tekanan

Menariknya, Bezos bukan satu-satunya yang kurang setuju dengan ungkapan work-life balance. David Ballard, seorang psikolog yang juga Direktur American Psychological Association’s Center for Organizational Excellence menyebut pandangan orang akan konsep itu kerap tidak akurat.

Alasannya banyak yang berpikir kalau kata ‘balance’ menyiratkan bahwa setiap orang harus membagi waktu dan energi secara merata. “Padahal belum tentu demikian,” tuturnya.

Hal itu kemudian seolah menjadi tekanan bagi karyawan untuk selalu menemukan keseimbangan yang pada akhirnya justru melemahkan mereka.

via Tenor

Besoz sendiri menyebut kalau dirinya tidak membagi karier dan kehidupan pribadinya. “Jika saya bahagia di tempat kerja, saya datang ke kantor dengan energi yang luar biasa. Dengan demikian saya pulang dengan energi yang baik,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui Besoz memang menjadi sosok yang mengambil langkah non-tradisional terkait kehidupan pribadi dan karirnya. Pada suatu kesempatan dia mengatakan bahwa selalu meluangkan waktu untuk sarapan pagi bersama keluarga.

Selain itu dia juga tidak pernah mengatur alaram sebelum tidur.

Gimana menurut lo apa konsep work-life balance itu ideal? 

 
 
close

Konsep Work-Life Balance Disebut Jeff Bezos Kurang Efektif, Apa Alasannya?

Search
close