Kualitas Musisi Indonesia Tidak Diragukan PJ Morton, Siapa Kolaborator Berikut? (Exclusive Interview USS FEED)

Kualitas Musisi Indonesia Tidak Diragukan PJ Morton, Siapa Kolaborator Berikut? (Exclusive Interview USS FEED)
access_time 2 bulan yang lalu

Kulitas musisi Indonesia ternyata selama ini mencuri perhatian PJ Morton. Tidak tanggung-tanggung, musisi R&B/Soul yang pernah berkolaborasi dengan Vidi Aldiano menyebut bahwa begitu banyak talenta berkualitas di Tanah Air.

Dalam wawancaran ekslusif bersama USS FEED, Kamis (21 Oktober), pria yang baru melepas single “Please Don’t Walk Away” bahkan memberikan pujian bagi musisi yang kerap mengcover karya-karnya.

Aku sadar betul ada begitu banyak yang mengcover karyaku di Indonesia, banyak sekali mention di akun media sosial,” tuturnya.

Selain menyinggung soal musisi Indonesia, PJ Morton juga membagikan cerita yang menjadi inspirasi single terbaru dan bagaimana dia selalu berhasil menyampaikan pesan lewat musiknya.


Datang dari pengalaman emosional yang nyata 

Q : Apa cerita yang menginspirasi “Please Don’t Walk Away”?

PJ Morton menjelaskan bahwa single terbarunya berasa dari pengalaman emosional yang nyata tentang rasa sakit kehilangan seorang yang disayang.

Ini datang datang tempat nyata, sebuah ketakutan akan rasa sakit saat ditinggal orang tercinta. Jadi dalam lagu ini aku berusaha membawakan emosi itu,” tuturnya.

Lebih lanjutnya PJ Morton membeberkan bahwa sebelum menulis lirik lagu ini, dia terlebih dahulu memulai dengan beat drum yang dia inginkan.

Jarang aku memulai dengan drum, tapi untuk lagu ini sedari awal aku tahu irama yang ingin aku bawakan,” imbuhnya.

Habiskan waktu 4 bulan, “Please Don’t Walk Away” merupakan karya yang sangat spesial

Q : Berapa lama proses penggarapan single yang begitu emosional ini?

Dalam proses penggarapannya, setelah menemukan irama, PJ Morton memutuskan untuk pergi ke sebuah studio di countryside. Di sanalah, penggalan lirik mulai dia tuliskan.

Setelah mendapatkan irama, aku memutuskan untuk pergi ke studio lain. Di sanalah ide soal lirik mengalir dengan sendirinya. Namun aku sama sekali tidak tergesa-gesa karena intensiku adalah memastikan semua kata bisa mewakilkan emosi yang ingin aku sampaikan,” jawabnya.

Bahkan untuk irama sendiri PJ Morton menghabiskan waktu sekitar bererapa bulan, dan kemudian disusul dengan musik dan liriknya.

Mungkin sekitar 4 bulan, karena pada dasarnya tidak dikejar untuk membuat musik baru. Setelah single selesai, aku bisa merasakan sesuatu yang begitu spesial dan hal itu juga bisa dirasakan para pendengar. Responnya begitu luar biasa,” lanjut pria kelahiran Maret 1981.

Tahun depan akan ada kejutan dari PJ Morton

Q : Apakah ini menjadi ‘starter’ menuju EP atau Album dalam waktu dekat?

Sembari tertawa dia menjelaskan bahwa memang dalam waktu dekat akan ada sesuatu darinya. Namun untuk kapan pastinya dia masih enggan membeberkan waktu pastinya.

Kualitas Musisi Indonesia Tidak Diragukan PJ Morton, Siapa Kolaborator Berikut? (Exclusive Interview USS FEED)

“Waktu yang dekat itu relatif, tapi tahun depan aku sudah mempersiapkan sesuatu. Bahkan saat ini aku sedang mengerjakannya. Aku lagi-lagi tidak terburu-buru dan mempersiapkan semuanya dengan standar yang tinggi,” jelasnya.

Terkati pertanyaan EP atau Album baru, dia menyebut bahwa akan ada lagu terbaru yang siap dirinya luncurkan. “Untuk proyek full mungkin akan memakan waktu yang lebih lama,” imbuh PJ.

Karyaku harus dapat menyentuh diriku sendir, menciptakan karya yang populer bukanlah tujuan utama

Q : Apa rahasia seorang PJ Morton bisa menciptakan musik yang selalu ‘menyentuh hati pendengar’

Sudah bukan rahasia bahwa setiap karyanya seolah bisa menyampaikan pesan yang begitu mendalam ke hati para pendengar. Bahkan seolah ada emosi dalam setiap karyanya, tapi saat ditanya apa rahasinya, PJ hanya tersenyum dan menyebut tidak ada.

Rahasia, aku sendiri tidak tahu. Namun aku adalah orang yang keras terhadap diriku, terutama soal urusan karya. Dalam setiap yang aku kerjakan, aku mau karya itu mampu menyentuh hatiku terlebih dahulu. Tidak peduli apa kata orang, selama aku bisa merasakannya, maka aku akan terus melanjutkan,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwa selama menciptakan musik, dirinya tidak pernah memiliki intensitas untuk membuat sesuatu dengan tujuan popularitas.

Aku selalu berfikir karya itu lebih dari sekedar bagus, yang penting adalah aku bisa merasakannya dan itulah apa yang terus aku pegang,” imbuhnya.

Kemungkinan berkolaborasi dengan musisi Indonesia terbuka lebar, PJ Morton ingin datang ke Indonesia!

Q : Setelah Vidi Aldiano, adakah kemungkinan kolaborasi dengan musisi Indonesia lainnya?

Menurutnya, kolaborasi dengan Vidi Aldiano justru membuatnya sangat ingin berkunjung ke Indonesia dan mengerjakan kolaborasinya secara langsung.

Banyak musisi Indonesia yang bertalenta dan kerap me-mention diriku di sosial media. Di situ aku melihat ada banyak musisi berkualitas di Indonesia. Jadi bukan tidak mungkin ke depannya aku akan kembali berkolaborasi dengan musisi Indonesia,” jawabnya.

Vidi Aldiano Mashup Bareng PJ Morton Maroon 5, dalam Lagu I Can't Wait X  Tak Bisa Bersama!

Namun menyoal siapa musisinya, PJ Morton hanya menjelaskan kalau dia ingin lebih dahulu merasakan koneksi natural. “Aku ingin membangun sebuah koneksi sebelum akhirnya melakukan kolaborasi. Tapi bicara soal talenta, Indonesia punya segudang talenta yang luar biasa,” lanjutnya.

Menariknya, kalau pada kolaborasi terdahulu semua dilakukan secara remote, untuk yang akan datang PJ Morton sangat ingin hadir di Indonesia.

Aku yakin apa yang bisa dilakukan bila aku di Indonesia akan sangat luar bisa, melebihi kolaborasi terdahulu,” tambahnya.

Jadi siapa nih yang menurut Lo pantas berkolaborasi dengan PJ Morton?

close

Kualitas Musisi Indonesia Tidak Diragukan PJ Morton, Siapa Kolaborator Berikut? (Exclusive Interview USS FEED)

Search
close