Light Show di China Sebabkan ‘Hujan Drone’ yang Membahayakan

Light Show di China Sebabkan 'Hujan Drone', Begini Kejadiannya!
access_time 2 bulan yang lalu

Puluhan drone berjatuhan di Zhengzhou, saat kota itu mengelar light show yang marak di negara tersebut selama beberapa tahun terakhir.

Departemen pemerintahan, bisnis, dan tempat wisata pun sering mengadakan pertunjukan drone sebagai ajang promosi.

Sayangnya, kejadian tanggal 1 Oktober kemarin ini bukannya jadi acara hiburan yang ‘shining, shimmering, splendid, malah jadi bencana yang bikin gaduh.

Light show gagal, drone berjatuhan dan membahayakan pengunjung

Kegagalan ini bikin puluhan drone di langit pusat perbelanjaan Wanda Plaza jatuh menghantam bangunan dan kendaraan di bawahnya.

Melansir SupChina, ada 200 drone yang terbang dan membentuk formasi di light show itu dalam rangka perayaan ulang tahun mal tersebut.

Baru sekitar 2,5 menit pertunjukan berlangsung, drone-drone itu pun tak terkendali dan berjatuhan bagai hujan. Adapun video dari saksi mata menunjukkan orang-orang yang panik karena mesin terbang yang berjatuhan tak terkontrol itu.

Untungnya, Wanda Plaza menyatakan tak ada korban atau kerusakan apapun.

Gara-gara perusahaan kompetitor?

Light Show di China Sebabkan 'Hujan Drone', Begini Kejadiannya!
via Tenor

Melansir DroneDJ yang mengutip dari reporter teknologi lokal Kanzhaji, penyelenggara light show itu melaporkan kejadian ‘show gone wrong‘ tersebut.

Mereka curiga, kompetitor mereka di industri yang sama sengaja mengirim gangguan untuk mengacaukan sistem navigasi drone. Pasalnya, hal ini bukan pertama kalinya terjadi.

Pertunjukan serupa yang kacau juga pernah terjadi sebelumnya. Bulan Mei tahun lalu, ada 17 drone yang jatuh di Chengdu. Lalu polisi menemukan bahwa karyawan dari perusahaan drone lain yang melakukan kecurangan ini.

Ya, setelah tawaran mereka untuk bikin pertunjukan itu ditolak.

Light Show di China Sebabkan 'Hujan Drone', Begini Kejadiannya!
via Tenor

Light show pakai drone emang keren, but watch your head!

Baca juga:

close

Light Show di China Sebabkan ‘Hujan Drone’ yang Membahayakan

Search
close