Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makan Gurita Hidup-Hidup, Ria Ricis Ditegur oleh Garda Satwa Indonesia

YouTuber Ria Ricis mendapat kritikan negatif dari sejumlah pihak, termasuk Garda Satwa Indonesia karena membuat video yang berjudul “PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! – MUKBANG KOREA Tersiksa

Pada postingan yang dibagikan di akun Instagram, Garda Satwa Indonesia mengatakan memakan hewan hidup-hidup itu merupakan perbuatan yang kejam dan tidak beradab, meskipun hewan tersebut merupakan hewan yang di konsumsi.

“Memakan hewan hidup-hidup itu kejam dan tidak beradab, meski hewan yang dimakan adalah hewan untuk dikonsumsi. Kecuali kalo Ria Ricis mampu menelan langsung gurita itu dalam sekali telan,” tulis Garda Satwa Indonesia.

Source: Instagram/RiaRicis1795

Banyaknya kritikan negatif yang diberikan, Ria Ricis pun memberikan klarifikasi dengan menyebut gurita dalam video tersebut dalam keadaan mati dan bergerak karena adanya campuran garam maupun bumbu-bumbu lain.

“Sebelum bikin konten tsb saya sdh konfirmasi dengan berulang bahwa gurita yang saya makan sebenarnya keadaan mati. Gurita bergerak karena adanya campuran garam atau bumbu lainnya,” tulis adik dari Oki Setiana Dewi tersebut.

“Di rumah saya juga ada beberapa hewan peliharaan yang saya rawat, salah satunya kucing kampung yang kakinya patah yang saya rawat di rumah dan alhamdulillah gemuk dan hewan-hewan lainnya,” tambahnya.

Klarifikasi tersebut justru tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh Garda Satwa Indonesia, yayasan tersebut pun memberikan kritikan kepada Ria Ricis yakni mengapa judul dalam video tersebut ditulis “hidup”, dan tidak menuliskan fakta yang sesungguhnya.

“Jika memang Gurita yang dia makan sudah mati, mengapa dia jadikan judul videonya ‘Makan Gurita Hidup’? Biar apa? Jika memang gurita mati yang dimakan, tulislah apa adanya. Youtube sendiri membuat rules untuk tidak menggunakan judul clickbait,” tulis Garda Satwa Indonesia.

Garda Satwa Indonesia menyarankan untuk menghapus video yang diunggah oleh Ria Ricis yang telah ditonton lebih dari 5 juta viewers di YouTube.

 

Image Source: [Gardasatwafoundation]