Manga Rock Tutup!? Rebranding Menjadi MR Comics

access_time 2 tahun yang lalu

Manga Rock adalah situs agregator baca manga yang sempat tenar namanya. Di dalamnya terdapat banyak sekali manga terkenal yang tentu banyak dicari pecinta manga di seluruh dunia. Namun sayangnya, situs ini harus ditutup lantaran terdapat konten bajakan di dalamnya. Meskipun begitu, situs satu ini berencana ingin memperbaiki semuanya dengan melakukan rebranding.

Cerita Manga Rock Berdiri

manga rock
Via: mrcomics.com

Mungkin banyak yang belum tahu tentang awal mula berdirinya Manga Rock. Ini semua berawal pada tahun 2009, di mana ada tiga mahasiswa membuat aplikasi yang bisa dibaca pada iPhone. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2010, Manga Rock merilis aplikasi pertamanya di Apple App Store. Ketiga mahasiswa tersebut pun akhirnya sukses menggandeng jutaan pembaca di seluruh dunia.

Sebab Manga Rock Harus Ditutup

manga rock
Via: mrcomics.com

Namun setelah 7 tahun berjalan, situs ini akhirnya menyadari bahwa terdapat sesuatu yang buruk pada aplikasi mereka. Di mana aplikasi manga tersebut mengandung konten bajakan dan merugikan para mangaka yang membuat komik tersebut.

Situs ini juga memberikan klarifikasi resmi, di mana saat membuat Manga Rock,  mereka tidak begitu memahami industri manga dan tidak tahu asal dari scanlations tersebut resmi atau tidak.

“Pada saat itu, kami tidak memahami industri manga dan kami tidak tahu asal dari scanlations (termasuk hal-hal tanpa lisensi resmi). Seiring berjalannya waktu, kami telah memahami kerusakan yang ditimbulkan oleh pencipta dan penerbit manga. Selain itu, seiring popularitas Manga Rock semakin meningkat, kerusakan juga meningkat” tulis situs ini melalui pernyataan resmi mereka.

Berubah Nama Menjadi MR Comics

manga rock
Via: mrcomics.com

Setelah tutup, mereka mengganti namanya menjadi MR Comics. Aplikasi baru tersebut menjadi awal yang baru untuk membaca manga yang bebas dari pembajakan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pelarangan segala bentuk scanlation. Jika konten tersebut ditemukan, aplikasi ini akan segera menghapusnya.

MR Comics pun memberikan jalur rekomendasi dan donasi untuk para pembuat komiknya. Jika minat pembaca komik tinggi, maka MR Comics akan mengusahakan untuk membuat judul tersebut menjadi resmi dan legal. Namun, konten tersebut hanya akan tersedia dalam PLUS Titles dan berbayar.

Tak hanya bergantung pada namanya, MR Comics juga bekerja sama dengan penerbit lainnya seperti Zhiyin Animation dan Tan Comics dari Tiongkok. Selain Zhiyin, dikabarkan bahwa akan ada penerbit lainnya yang ikut menyusul. MR Comics juga akan menyediakan ruang bagi para komikus indie yang ingin menunjukan karyanya.

Jadi begitulah cerita jelas mengenai awal pembentukan Manga Rock sampai tahap apa yang akan dilakukan lebih lanjut. Semoga branding yang akan dijalankan nantinya bisa berjalan lancar dan terhindar dari segala masalah.

Image Source: [MR Comics]

close

Manga Rock Tutup!? Rebranding Menjadi MR Comics

Search
close