Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Saat Pidato, Polisi Tangkap Terduga Pelaku

Shinzo Abe, mantan PM Jepang ditembak saat pidato

Mantan perdana menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, ditembak di bagian dada saat tengah berpidato di Kota Nara, Jepang, pada Jumat 8 Juli 2022.

Saat itu, Abe tengah berkampannye untuk meminta warga mendukung politikus Partai Liberal Demokratik Jepang, jelang pemilu legislatif akhir pekan ini.

Insiden itu pun terjadi pukul 11.30 waktu setempat, dan videonya langsung viral di media sosial. Abe, yang berusia 67 tahun, langsung dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans.

Sebelumnya, ia tampak tergeletak dengan banyak darah, menurut laporan stasiun televisi setempat NHK.

Polisi tangkap terduga pelaku

Polisi kini sudah menangkap seorang pria yang dicurigai melakukan percobaan pembunuhan dan mengambil senjata.

Pihak kepolisian Prefektur Nara pun masih menyelidiki motif di balik penembakan ini. Saat kejadian, sang penembak terlihat tak melawan ketika dibekuk polisi.

Faktanya, kejahatan yang melibatkan senjata api, termasuk pistol termasuk sangat langka di negara tersebut. Angka kriminalitas dari isu semacam ini pun rendah.

Namun kali ini, laporan dari polisi mengatakan bahwa senjata yang dipakai dalam serangan itu adalah buatan sendiri. Dari foto yang tersebar, terlihat dua bagian logam berbentuk silinder yang diikat dengan perekat semacam selotip berwarna hitam, tergeletak di TKP.

Kondisi kritis

Mantan PM Jepang itu tiba di Nara dari Bandara Haneda lewat Bandara Osaka untuk memberi pidato.

Tadinya, ia sudah merencanakan perjalanan ke Kyoto sesudahnya, kemudian ke Prefektur Saitama, yang bertetangga dengan ibu kota Tokyo. Rencana itu pun batal usai terdengar tembakan yang menuju ke tubuhnya.

Abe sendiri menjabat sebagai perdana menteri Jepang dalam dua periode, 2006-2007, dan 2012-2020. Ia merupakan PM yang paling lama menjabat sepanjang sejarah Jepang modern.

Menurut laporannya, kondisi Abe saat ini kritis. Namun, perkembangan kondisi kesehatannya belum diumumkan ke publik.

What are your thoughts? Let us know!

(Image: via Getty Images)