Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obat Gagal Ginjal Akut Tiba di Indonesia, Danau Toba Gelar Balapan Dunia [ICYMI]

Dari obat gagal ginjal akut, hingga Danau Toba gelar F1 H20 dunia

In case you missed it, obat gagal ginjal akut kini sudah didatangkan ke Indonesia.

Tak cuma obat gagal ginjal, kabar baik beberapa waktu terakhir ini juga diisi oleh rencana Indonesia untuk menggelar Formula One Powerboat World Championship (f1 H20) di Danau Toba.

Selain itu, negara kita ini lagi-lagi dapat predikat sebagai negara paling dermawan.

Berikut kabar-kabar baik yang mungkin lo lewatin!

Obat Gagal Ginnjal Akut Tiba di Indonesia, Danau Toba Gelar Balapan Dunia [ICYMI]
via Giphy
Obat gagal ginjal akut didatangkan ke Indonesia

Kini, Pemerintah Indonesia mendatangkan obat penyakit gagal ginjal akut dari Singapura.

Obar gagal ginjal akut progresif atipikal bernama Fomepizole (injeksi) ini sebelumnya belum ada di Indonesia dan hanya diproduksi di Singapura. Sebanyak 200 vial obat itu pun dipesan oleh Pemerintah.

Menurut menteri Kesehata Budi Gunadi Sadikin, obat ini merupakan obat yang cukup langka.

Sebelumnya, penyakit gagal ginjal akut mulai menyerang ratusan anak-anak balita di Indonesia.  BPOM RI punb sudah melakuka pengujian dan sampling terhadap jenis obat-obatan sirup yang diduga memicu penyakit ini.

Lagi-lagi, Indonesia jadi negara paling dermawan di dunia

Tahun ini, Indonesia lagi-lagi mendapat predikat sebagai negara paling dermawan di dunia berdasarkan World Giving Index (WGI) 2022 oleh badan amal Charities Aid Foundation (CAF).

Dalam indeks yang keluar pada hari Jumat, 21 Oktober kemarin ini, Indonesia mendapat skor 68 persen. Walau turun tiga persen dari tahun lalu, itu tak membuat posisi Indonesia di peringkat pertama goyah.

Ini menunjukkan kuatnya tradisi menyumbang kita yang diinspirasi oleh ajaran agama dan tradisi lokal yang sudah dipraktikkan puluhan tahun,” ujar Ketua Badan Pelaksana Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC), Hamid Abidin.

Dengan pencapaian ini, artinya Indonesia sudah menempati posisi pertama dalam lima tahun berturut-turut.

Mahasiswa ITS bikin aplikasi yang bantu optimalkan lahan pertanian

Bak permainan Harvest Moon, Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat Hi-Pot, aplikasi hidroponik multifungsi berbasis Internet od Things (IoT) yang bisa membantu orang mengoptimalkan lahan pertanian.

Inovasi ini dicetuskan oleh empat mahasiswa Departemen Teknik ITS, yaitu Abdul Rohid, Dewi Sugihartini, Diana Fitriani, dan Djody Rizky Rahman.

Aplikasi yang bisa terhubung ke smartphone ini bisa membantu penggunanya memilij jenis tanaman yang akan ditanam. Selain itu, ada pula fitur interaktif lainnya, seperti monitoring, hingga lapak untuk belanja.

Hi-Pot bekerja dengan menggunakan sistem budidaya tanam secara hidroponik dengan bantuan kamera untuk pengontrolan hama.

Obat Gagal Ginnjal Akut Tiba di Indonesia, Danau Toba Gelar Balapan Dunia [ICYMI]
via Gifer
Pejabat Gubernur DKI Jakarta usulkan drone untuk pantau orang buang sampah sembarangan

Sampah selalu jadi masalah yang menghantui Jakarta. Kini, Pejabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono ajak jajarannya untuk menindak tegas orang yang buang sampah sembarangan.

Ia mengusulkan penggunaan drone untuk memantau aktivitas tersebut. Menurut penjelasannya, nantinya penggunaan drone akan dimanfaatkan untuk merekam momen warga membuang sampah sembarangan.

Bagaimanapun, ini baru merupakan sebuah usulan.

Indonesia berencana adakan F1 H20 di Danau Toba

Setelah Mandalika, kini Indonesia berencana gelar balapan internasional lagi.

Kali ini, balapan yang bakal digelar adalah Formula One Powerboat World Championship, alias F1 H20.

Ini merupakan ajang balap speedboat bergengsi di dunia. Nantinya, lokasi yang ingin dijadikan arena balap adalah Danau Toba, Sumatra Utara.

Rencananya, penyelenggaraan F1 H2o di Danau Toba ini bakal dijadwalkan pada 24-26 Februari 2023 nanti. Penyelenggaraan ini pun mendapat dukungan positif dari Pemerintah Indonesia.

Gelaran F1 H2O ini diharapkan bisa meningkatkan indeks pariwisata di Danau Toba.

Obat Gagal Ginnjal Akut Tiba di Indonesia, Danau Toba Gelar Balapan Dunia [ICYMI]
via Gfycat
Any other good news? Let us know!