Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahraga ‘Rumahan’ Biar Badan Tetap Fit dan Anti Corona

Sebagian besar orang di Indonesia sudah mulai suka dengan lifestyle hidup sehat, dan itu terlihat dari banyaknya ‘commercial gym’ yang bermunculan akhir-akhir ini. Namun semenjak Covid19 masuk ke Indonesia, banyak orang yang ‘feelsinsecure untuk workout di gym.

Meskipun ada sebagian gym yang secara rutin membersihkan equipment mereka dan memberlakukan peraturan untuk pencegahan, nampaknya hal tersebut belum 100% bisa menjamin keamanan dari para pengunjung gym. So dibanding khawatir, dan berujung gak nge-gym, mending lo coba olahraga di rumah aja.

Olahraga gak melulu harus pake beban loh, nah kali ini gua akan memberikan tips beberapa gerakan ‘sederhana‘ yang bisa dilakukan dirumah. Mulai dari pemula ataupun yang sudah rutin nge-gym. Yuk dimulai ;

Abs

Kalau bicara abs, semua orang kemungkinan besar mendambakan perut rata dan memiliki ‘roti sobek’ alias abs. Menariknya sebenarnya semua orang punya abs, hanya saja kadar fat yang membuat abs tersebut tidak terlihat.

Sebelum memulai gerakan yang lain, biasakan terlebih dahulu untuk melatih ‘abs‘. Abs mempunyai peranan penting dalam setiap gerakan, salah satunya ‘menstabilisasi’ seluruh tubuh.

Selain Sit Ups dan Plank, ada satu movement lain yang menurut gua begitu efektif! Kalau lo melakukannya dengan benar dan berhasil ‘merekrut’ otot yang tepat, maka hanya dengan 4-6 repetisi, dijamin abs lo akan ‘panas’.

Gerakan yang terlihat seperti ‘kumbang’ lagi kebalik ini sangatlah efektif untuk melatih abs lo.

Tips dari gua, ambil napas di posisi awal dan buang nafas lo saat mendengang salah satu kaki. Kemudian kembali ambil nafas saat akan menarik kaki ke posisi awal

Legs

Untuk bagian ini, biasanya para cewek lebih antusias. Coba siapa wanita disini yang gak pengen punya ‘bokong’ macem Jennifer Bachdim? Tapi bukan berarti hanya wanita yang perlu, lo para pria juga perlu untuk melatih ‘kaki’.

Banyak banget sebenarnya latihan kaki yang bisa lo lakukan, dan setiap movement pasti ada bagian bekerja lebih dominan. Nah gerakan yang kali ini akan lebih berfokus pada ‘paha’ dan ‘bokong’ dibandingkan ‘hamstring‘ lo. Gerakan ini adalah Lunges

Gerakan ini bisa dilakukan tanpa ‘beban’, kuncinya adalah memastikan lo ‘mengontrol’ gerakan lo. Pastikan yang terasa bekerja adalah paha dan bokong, kalau memang ingin merasakan sensasi burn, silahkan lakukan dengan repitisi yang lebih banyak (10-12 repetisi).

Upper Body

Salah satu gerakan yang bisa dilakukan di rumah dan begitu ‘efektif’ adalah Push Up, namun tidak semua orang bisa melakukan ‘full‘ pushup. Gak percaya? Coba suruh aja salah satu teman lo.

Tapi kalau lo tidak bisa sama sekali, jangan kecil hati. Karena ternyata ada tips sebelum akhirnya lo bisa melakukan ‘full push’ up. Nih tonton deh videonya ;

Di video tersebut, lo akan dipandu mulai dari ‘push up’ menggunakan bantuan tembok, meja, kursi dan pada akhirnya ‘full push-up’. Ingat, tidak usah terburu-buru untuk bisa mencapai level yang lo inginnkan.

Itu tadi beberapa gerakan olah raga yang bisa lo lakukan sambil ‘self quarantine‘ di rumah. Hal yang paling penting di masa sekarang ini adalah berolahraga secukupnya, jangan habiskan seluruh tenaga untuk olah raga! Kalau lo biasa hajar 100%, ada baiknya mengurangi intensitas tersebut.

Selain tips di atas, ada banyak aplikasi yang sudah bisa lo download untuk membatu lo tetap fit. Sebut saja ‘Freeletics‘ dan akun Instagram. Coba deh liat @pheasyque

@pheasyque

Semoga tips ini berguna, stay safe and healthy yah! Ingat #betterdirumah!