Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembangunan Rute Jakarta-Surabaya untuk Kereta Cepat Akan Segera Dikerjakan

Naik kereta cepat, Jakarta-Surabaya 4 jam aja?

Setelah sekian lama wacana kereta cepat hadir di berbagai daerah Indonesia, akhirnya kini pemerintah berencana untuk mulai kembali proyeknya.

Setelah sebelumnya rute Jakarta-Bandung, rencana melanjutkan proyek kereta cepat ini akan menambah rute hingga ke Surabaya.

Jika sebelumnya rute dari Jakarta-Bandung yang rencananya bakal ditempuh dengan cepat, kini Jakarta-Surabaya bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam.

Rencana rute yang panjang

via Unsplash

Sehubungan dengan hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, perencanaan rute fast train yang baru, saat ini masih dalam tahap penyusunan.

Dirinya menjelaskan bahwa perencanaan fast train dengan rute Jakarta-Surabaya tidak dapat dikerjakan tanpa kerja sama dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri Perhungan mengatakan bahwa proyek kereta cepat Indonesia rencananya akan memiliki rute yang melewati Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, sampai ke Surabaya.

“Kita kawal bener kerta cepat ini. Konsep perencanannya sedang dilaksanakan sama-sama, karena nggak mungkin tanpa PU kita jalani. Jadi rencana itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Jogja, Solo, Madiun, Surabaya 4 jam,” kata Budi dalam acara Seminar Nasioanal ‘Sustainable Smart Tarnsportation’ pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Proyek ini harus dikawal banyak pihak

Marching Forward We The People GIF - Marching Forward We The People Vote  For Change - Discover & Share GIFs
via Netflix

Budi juga mengatakan akan mengawasi proyek kereta dengan rute baru Jakarta-Surabaya ini.

Apabila banyak pihak yang turut ambil andil dalam mengawasi proyek besar ini, maka akan semakin baik untuk kelancaran prosesnya.

Hal tersebut berkaitan dengan durasi pengerjaan proyek yang akan cukup dikebut, agar masyarakat Indonesia dapat menikmati kereta cepat dengan rute yang sudah direncakan.

“Pak Presiden sebagai pemimpin yang visioner meletakkan dasar-dasar MRT, yang kami kawal berikutnya akan meletakkan dasar-dasar kereta cepat. Rencananya Jakarta-Surabaya, Jakarta-Surabaya ditempuh kurang dari 4 jam,” kata Budi.

What are your thoughts? Let uss know!

(Image: via Unsplash)