Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penasihat Keamanan Nasional Korsel Kim Sunghan Resign Usai ‘Kacangi’ Usul Jill Biden, Salah Satunya soal BLACKPINK?

Keputusan yang disampaikan melalui penyataan resmi

Kim Sunghan resign dari posisi sebelumnya yang menjabat sebagai Ketua Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan (semacam Kepala Paspampres).

Keputusan tersebut ia sampaikan melalui sebuah pernyataan resmi yang dirilis pada Pada Rabu, 29 Maret 2023.

Di tengah persiapan menjelang agenda KTT Korea-Amerika Serikat

Melansir Korea Herald, Kamis, 30 Maret 2023, setelah sebelumnya banyak beredar kontroversi yang menyebutkan bahwa posisi Kim Sunghan bisa saja diganti untuk diisi orang lain.

Desas-desus tersebut muncul setelah dirinya diduga telah melakukan sejumlah kesalahan dalam protokol persiapan agenda KTT yang akan dilakukan Presiden Korea Selatan ke Washington DC, Amerika Serikat April mendatang.

Presiden Yoon Suk Yeol sendiri dilaporkan akan segera menunjuk Cho Tae Yong, yang awalnya menjadi duta besar Korsel untuk Amerika Serikat, sebagai untuk mengisi posisi Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan setelah Kim Sunghan resign.

Kim Sunghan resign karena sadar telah melakukan kesalahan?

Bermacam spekulasi bermunculan setelah sejumlah outlet berita di Korsel melaporkan bahwa Kim Sunghan resign setelah melakukan kesalahan dalam protokol.

Kesalahan tersebut diduga telah terjadi selama proses persiapan agenda diplomatik KTT antara Korea-Amerika Serikat.

Berdasarkan hasil laporan berita dari berbagai media setempat, kesalahan yang telah dilakukan oleh Kim disampaikan melalui sebuah komplain mengenai proposal yang diajukan Jill Biden tidak kunjung menerima tanggapan.

Salah satunya adalah yang menyarankan penampilan kolaborasi antara Girl Grup Korea Selatan BLACKPINK dengan Penyanyi Pop Amerika Lady Gaga, saat acara makan malam kenegaraan di KTT.

“Saya harap kontroversi yang saya timbulkan tidak lagi menjadi beban bagi diplomasi dan administrasi negara,” kata Kim sunghan seperti yang dikutip dari Korea Herald Kamis, 30 Maret 2023.

Let uss know your thoughts!

Image via Daniel Bernard at Unsplash