Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengguna YouTube Gratisan Bakal Nggak Bisa Nonton Video 4K Lagi?

Konten 4k bakal tersedia khusus bagi pengguna YouTube premium.

Nggak cuma iklan yang nggap bisa di-skip, konten 4K juga bakal hilang bagi pengguna YouTube Gratisan.

Pasalnya, Google berencana untuk tak lagi menampilkan kualitas 4K untuk pengguna non-premium. Nantinya, konten dengan kualitas tersebut bakal cuma tersedia bagi user premium.

Sebelumnya resolusi 4k bisa tersedia untuk semua pengguna secara gratis.

Kini saat mau mengakses video dengan resolusi Ultra HD, Google bakal memberi peringatan beberapa pengguna bahwa mereka perlu langganan premium.

Pengguna YouTube Gratisan Bakal Nggak Bisa Nonton Video 4K Lagi?
via Giphy

Kualitas yang terbatas buat pengguna gratisan

Melansir The Verge, beebrapa pengguna mengeluh lewat akun Twitternya beberapa minggu belakangan ini bahwa video dengan resolusi 2160p terbatas dan dilabeli dengan fitur premium.

Kemudian, pihak YouTube sempat mengonfirmasi lewat Twitter bahwa itu merupakan bagian dari percobaan untuk mengetahui lebih lanjut preferensi pengguna premium dan non-premium.

Jadi, pembatasan kualitas 1440p bagi pengguna gratisan belum mereka tentukan secara pasti.

Pengguna YouTube Gratisan Bakal Nggak Bisa Nonton Video 4K Lagi?
via Tenor

Iklan yang nggak bisa di-skip

Sebelumnya, ada pengguna yang melaporkan bahwa mereka terpaksa harus menonton sekitar 10 iklan yang tak bisa di-skip di sepanjang video.

Beberapa minggu lalu pula, YouTube dilaporkan menaruh 5 iklan yang tak bisa di-skip secara berturut-turut sebelum video utama mulai.

Juru bicara Google kemudian mengklarifikasi lewat 9to5, bahwa mereka memang sedang menguji beberapa iklan di ad pod. Tujuannya, supaya saat menonton video panjang, pengguna tak akan diganggu oleh iklan yang muncul di tengah-tengah.

Di YouTube, kami fokus untuk membantu merek terhubung dengan penonton di seluruh dunia, dan kami selalu menguji cara baru untuk menampilkan iklan yang meningkatkan pengalaman penonton. Kami menjalankan eksperimen kecil secara global yang menayangkan beberapa iklan di ad pod saat pengguna menonton video berdurasi lebih lama di TV yang terhubung. Tujuannya adalah untuk membangin pengalaman yang lebih baik bagi pengguna dengan mengurangi jeda iklan. Kami telah menyimpulkan eksperimen kecil ini,” juru bicara itu menyatakan.

What do you think about YouTube’s unskippable ads and restrictions? Let us know!

(Image: via Unsplash)