Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ponta Do Sol, Desa Digital Nomad Pertama di Dunia

Digital Nomad, Nggak Lagi Berburu dan Meramu

Digital nomad adalah suatu fenomena yang mulai ramai sejak tahun 2000-an. Fenomena ini menjelaskan para pekerja remote yang berpindah dari suatu tempat ke tempat lain. Bermodal teknologi laptop dan koneksi internet, mereka pindah dari satu coffee shop ke coffee shop lain, dari satu coworking space ke yang lain, dan bahkan dari satu negara ke negara yang lain. 

Kebebasan jadi salah satu hal yang di-highlight sama para nomad ini. Di era teknologi yang makin hari makin canggih, nggak ada lagi batasan jarak yang bisa ngeganggu kinerja seseorang buat industri tertentu.

Kalau belum kebayang gimana kehidupan mereka. Sebelumnya, di tahun 2020 ada sebuah film berjudul “Nomadland” yang menjelaskan bagaimana kehidupan pada nomad. Film ini meraih 6 Oscar dan juga Golden Globe untuk kategori Aktris Terbaik. 

“I’m not homeless, I’m just houseless.” (Nomadland, 2020)

Desa Digital Nomad Pertama di Dunia

Di Portugal, tepatnya di sebuah pulau yang namanya Madeira, ada sebuah desa bernama Ponta Do Sol. Desa ini adalah apa yang disebut sebagai desa buat digital nomad.

Melansir dari situs web official-nya,desa digital nomad ini lahir dari kerja sama pemerintah Portugal, startup Madeira, dan Gonca Hall dari NomadX. Di tanah seluas 43,3 km persegi itu ada sekitar 8200 penghuni. Dan terhitung sudah ada lebih dari 4000 digital nomad yang bekerja dan singgah di sana.

Sebagai tambahan, Madeira ini sering disebut-sebut Hawaii-nya Eropa. Fakta ini jadi perhitungan kenapa desa ini cukup populer.

Di sana, kalau kamu mendaftar buat jadi salah satu residen, kamu bakal dapet beberapa keuntungan kayak:

  1. Masuk Slack community Ponta Do Sol;
  2. Akses gratis ke coworking space;
  3. Daftar rekomendasi akomodasi lokal;
  4. Daftar rekomendasi coworking space;
  5. Event ekskusif buat komunitas;
  6. Bisa dapet local host; dan
  7. Akses penuh ke komunitas.

Mungkin penawaran ini terlihat biasa aja, tapi kalau kamu masuk langsung ke situs webnya, kamu bisa langsung liat kalau mereka beneran mikirin kenyamanan para digital nomad. 

Contohnya, kamu bisa booking segala macam kebutuhan hidup dari akomodasi dalam bentuk hotel, rumah, dan coliving lewat situs tersebut. Ditambah lagi, penyewaan alat transportasi berbagai motor dan mobil juga tersedia secara langsung. Cuma perlu ngunjungin satu situs web.

Nggak selesai di sana, aktivitas-aktivitas leisure kayak scuba diving, yoga, snorkling, wisata kuliner, dan aktivitas lain yang kamu pengen pas liburan pasti ada di sana.

Nggak heran kalau tempat ini jadi populer banget.

Tanah para Digital Nomad di Seluruh Dunia

Selain Ponta Do Sol, meski mungkin inisiatifnya nggak sama besar, ada banyak tempat yang bisa dikunjungin para digital nomad buat singgah dan bekerja.

Dilansir Deskless Nomad, berikut adalah beberapa contoh di Benua Eropa:

  1. Digital Nomad Valley, Zadar, Kroasia
  2. Lagos, Portugal
  3. Boundless Life, Sintra, Portugal
  4. Boundless Life, Syros, Yunani
  5. Talinn Digital Nomad Village, Estonia
  6. Bankso, Bulgaria
  7. Maspalomas Nomad City, Gran Canaria, Spanyol
  8. Summer of Pioneers, Homberg, German
  9. Bad Belzig Coconat, Berlin
  10. Trento, Italia
  11. Pontremoli, Italia

Di belahan dunia yang lain, ada juga tempat serupa kayak:

  1. Pipa, Brazil
  2. Umaya Village, Placencia, Belize
  3. Nomad Gao, India

Lho bukannya di Bali juga ada ya? Ya betul, ada beberapa tempat yang nawarin konsep serupa tapi lebih tepatnya disebut digital nomad hub kayak di Canggu, Chiang Mai (Thailand), Spit & Dubrovnik (Kroasia), Barcelona (Spanyol), Medellin (Kolombia), Tbilisi (Georgia), Lisbon (Portugal), Malta, Valensia (Spanyol).

Bali Holidays Bali Holidays Everywhere! - Buzz and Woody (Toy Story) Meme |  Make a Meme

Gimana Caranya Jadi Digital Nomad?

Abis penjelasan tempat-tempat keren di atas, mungkin ada yang tertarik buat jadi digital nomad setelah ini.

Sebenernya apa sih yang diperluin buat kamu jadi seorang digital nomad? Basically, semua orang bisa, tapi ada hal-hal yang harus dipikirkan dan dilakukan biar semua berjalan lancar. Dilansir dari Hubspot, inilah hal-hal yang harus disiapin:

Potong Pengeluaran

Simple-nya kalau kamu mau berpindah-pindah tempat, nggak perlulah kamu bayar langganan tempat nge-gym dan hal-hal serupa.

Amanin Sumber Pendapatan 

Kalau misal mau mulai jadi digital nomad, pastiin sumber pendapatan buat beberapa bulan ke depan udah ada. Belom tentu bisa dapet kerja ketika di perjalanan dengan mudah soalnya.

Daftar Asuransi Kesehatan

Pastiin kamu daftar asuransi kesehatan yang bisa diklaim di berbagai negara. Percuma daftar premi mahal kalau kamu harus pulang ke negaramu buat berobat doang.

Siapin Dokumen Identitas & Finansial

Kalau mau bepergiannya dari satu negara ke negara lain, pastiin dokumen aman. Jangan sampe ada celah buat kantor imigrasi mulangin kamu. Selain itu, pastiin dokumen keuangan kayak kartu debit atau kredit yang kamu punya udah support transaksi internasional.

Unlock Carrier HP 

Kalau kamu berniatan pergi ke berbagai negara, mending unlock carrier HP kamu biar bisa dipake meski udah di luar wilayah layanan.

Gimana, tertarik buat berangkat?

Let us know your thoughts!