Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Popomangun Rayakan 12 Tahun Berkarya dengan Pameran “Create Co” di Kopi Muja

Popomangun x Kopi Muja

Setelah 12 tahun berkarya, Kini Popomangun menginisiasi pameran bertajuk Create Co di Kopi Muja yang berkawasan di jalan Ahmad Dahlan, Jakarta Selatan.

Pameran tersebut akan berlangsung mulai 8 April hingga 8 Mei. Dengan kolaborasinya bersama Kopi Muja, seniman tersebut pun akan menghadirkan pengalamannya dalam berkreasi, berkolaborasi dan mengeksplorasi pattern lewat sejumlah seni instalasi di lokasi tersebut.

Bagi Popomangun, pameran ini hadir atas dasar eksplorasi dan kegelisahannya terhadap perjalanan berkaryanya selama 12 tahun.

Inisiasi pameran ini merupakan salah satu checkpoint-nya sebagai Seniman untuk mampu membuat dan mempresentasikan karyanya di beragam medium. Di kesempatan kali ini ia ingin memberikan suatu nuansa baru untuk audiensnya agar dapat menikmati karyanya dengan experience yang berbeda, yakni sambil minum kopi.

Baca juga: Inilah NFT Termahal di Dunia, Nilainya Capai Rp5,7 Triliun

“Create Co”

Pemilihan tajuk “Create Co” mengandung banyak arti sebagai semangat “Membuat sesuatu”.

Dikutip dari rilisan pers yang USSFeed terima, “‘CO’ disini dimaksudkan dengan Community, Collective, Collaboration, ECOsystem, dan Coffee.”

Selain itu, “Co” disini dimaksudkan juga sebagai Coffee Experience. Berangkat dari beragam pengalaman Popomangun dalam menemukan banyak cerita dan figur di ruang “Coffee Shop”, hingga kecintaannya akan kopi pun membawanya untuk mengajak kerjasama Kopi Muja sebagai venue dari pameran pertamanya ini.

Poin-Poin ini juga sebagai penggambaran latar seorang Popomangun yang lulus dari jurusan Komunikasi Dakwah namun mengeksplor kemampuannya di bidang menggambar dan industri seni sehingga tumbuh menjadi seorang Visual Artist seperti sekarang ini.

Dulu Create Co ini dibentuk untuk nama sebuah Collective yang saya buat. Movementnya jelas waktu itu saya dan beberapa teman sekantor yang bekerja di sebuah corporate merasa harus membuat sesuatu sebagai investasi, yaitu berkarya di luar kebiasaan kita yang bekerja untuk perusahaan,” Ungkap Popomangun.

Saat itu Collective ini terdiri dari beberapa pelaku creative seperti, Photographer, Graphic Designer, Writer dan Videographer. Kami banyak melakukan aktivitas berkesenian yang tak habisnya selalu mencoba membuat sesuatu yang baru.

Baca juga: Post Series Depression Syndrome in a Nutshell: Ini yang Bisa Lo Lakuin Habis Nonton Series!

Showcase karya Popomangun

Ada banyak karya yang disertakan dalam pameran ini. Salah satunya adalah kolaborasi Popomangun dengan salah satu brand furniture lokal, Antik Mebel.

Popomangun memberi sentuhan karya pada salah satu jenis sofa Antik Mebel yang terdisplay dan bisa digunakan oleh siapapun yang hadir pada pameran nanti. Kolaborasi ini sebagai implementasi dari makna “COllaboration” yang juga melibatkan produk kebanggan Indonesia.

Nggak cuma itu, ada pula rangkaian merchandise kolaborasi dengan Kopi Muja. Merchandise ini berupa Tote Bag, T-shirt, Tumblr, Sticker Pack, hingga kolaborasi menu kopi kaleng Popomangun Special Edition dengan nama “Festive Lemon Pop” sebagai kopi percampuran dengan rasa lemon yang meriah hasil kolaborasi dengan Popomangun.

Pembuatan merchandise dan produk edisi khusus ini sebagai wujud kolaborasi antara seniman dan pelaku industri kopi.