Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Robert Pattinson: Koreografi di Film “The Batman” Terinspirasi dari Bela Diri Indonesia

The Batman terinspirasi dari budaya Asia?

Robert Pattinson angkat suara tentang proses di balik layar penggarapan film “The Batman.”

Dalam wawacaranya bersama Den of Geek, ia cerita banyak hal. Mulai dari inspirasi kisah, kostum, hingga koreografi adegan perkelahian film tersebut yang (konon katanya) terinspirasi dari bela diri Indonesia.

Baca juga: Jepang Ternyata Punya Museum Poop, Begini Isinya!

Koreografi The Batman

Pattinson menyebut, sosok Batman di film ini adalah sosok Batman yang belum sempurna dan perlu banyak belajar.

Sosok superhero tersebut membayangkan setiap penjahat yang ia lawan setiap malam sebagai pembunuh orang tuanya.

Soal kemampuan bela diri, Pattinson pun mengaku banyak bekerja sama dengan Rob Alonzo, supervising stunt coordinator. Menurutnya, adegan bela diri di film tersebut terinspirasi dari seni bela diri Indonesia.

Semua adegan perkelahian di film ini dibuat berdasarkan sebuah seni bela diri Indonesia, dimana kamu harus menggunakan dua tongkat dan menyesuaikan semua gerakan dengan senjata itu, lalu kami menghilangkan kedua tongkat itu,” ujar sang aktor.

Pattinson tidak menjelaskan apa nama bela diri yang ia maksud. Namun deskripsinya soal gaya tarung tersebut bikin netizen berspekulasi bahwa sang aktor ternyata salah sebut negara

Hmm Thinking GIF - Hmm Thinking Think - Discover & Share GIFs

Baca juga: 70 Persen Air Minum Rumah di Indonesia Tercemar Tinja, UNICEF Bikin Kampanye #DihantuiTai

Bukan Indonesia?

Teori yang beredar, deskripsi Pattinson sebenarnya mengacu pada seni bela diri bernama Kali yang berasal dari Filipina, bukan Indonesia.

Mirip dengan penjelasan Pattinson, bela diri tersebut menggunakan dua tongkat kayu untuk menyerang dan mempertahankan diri.

Dalam proses latihan, biasanya peserta bela diri tersebut menggunakan senjata, sebelum nantinya senjata tersebut diambil dan digantikan dengan pertarungan tangan kosong.

Your thoughts? Let us know in the comments below!