Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEA Games 2021 Recap: Jadi Tiga Besar, Ini Beberapa Rekor yang Mesti Lo Tau!

Indonesia 3 besar SEA Games 2021, sesuai harapan Jokowi

SEA Games 2021 Vietnam akhirnya rampung pada Minggu, 22 Mei 2022 kemarin.

Totalnya, Indonesia mengikuti berbagai pertandingan dalam 32 dari 40 cabang olahraga yang ada di perhelatan tersebut. Dalam pesta olahraga itu, ada 499 atlet dari tanah air.

Kontribusi mereka pun nggak sia-sia, karena berhasil mengumpulkan total 241 medali: 69 medali emas, 92 perak, dan 81 perunggu.

Semua medali itu sukses membawa Indonesia jadi tiga besar SEA Games 2021, sesuai harapan Presiden Jokowi. Juara pertama didapatkan oleh sang tuan rumah Vietnam dengan 205 emas, dan juara dua oleh  Thailand dengan 92 emasnya.

Berikut rekor-rekor penting yang perlu lo tau!

Medali emas pertama untuk Timnas Basket Putra

Rekor pertama, Timnas Basket Indonesia berhasil jadi juara cabang olahraga basket putra di SEA Games 2021.

Hal ini mereka capai setelah menang 85-81 melawan Filipina di pertandingan terakhir pada Minggu 22 Mei kemarin.

Ini merupakan pertama kalinya tim Indonesia memenangkan medali emas di perhelatan tersebut, sejak pertama bergulir di tahu 1977.

Ini cabor paling banyak sumbang emas Indonesia di SEA Games 2021

Dalam perhelatan tahun ini, Timnas cabor menembak dan mendayung jadi yang terbanyak menyumbang medali emas untuk Indonesia.

Lebih rincinya, menembak mendapat delapan medali emas, enam perak, dan dua perunggu.

Sementara itu, cabor dayung juga menyumbang delapan medali emas, sama seperti menembak. Perolehan ini melampaui target mereka sebelumnya, enam medali emas.

Juara renang putri, setelah 11 tahun puasa medali emas

Perenang putri Indonesia, Masniari Wolf, merebut medali emas SEA Games 2021. Prestasinya ini mencatat sejarah bagi tanah air.

Pasalnya, medali emas ini jadi kejutan setelah 11 tahun Indonesia puasa medali emas dari cabang olahraga tersebut.

Atlet berusia 16 tahun itu mencatat waktu 29,210 detik di nomor 50m gaya punggung putri di My Dinh Water Sport Palace, Hanoi, hari Minggu kemarin.

Perenang putra pecahkan rekor SEA Games

Perenang putra asal Indonesia, Harvey Hubert sukses memboyong medali emas di cabor fin swimming putra nomor 100 meter sirip ganda.

Bukan sekadar  medali emas, Harvey juga berhasil jadi yang tercepat dengan catatan waktu 43,510 detik. Ia pun sukses memecahkan rekor SEA Games 2021 untuk nomor tersebut.

Indonesia pun mendominasi nomor sirip ganda 100 meter usai ia merebut emas dan perunggu diraih oleh Andityo Panigoro dengan waktu 43,980.

So proud! Let us know your thoughts!