Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SHIELD Resmi Diperkenalkan Pemkot Semarang, Apa Tugas dan Fungsinya?

SHIELD yang merupakan organiasi ‘spionase‘ ternama di Marvel Cinematic Universe kini ada di Indonesia!

Free download Shield Animated GIF [500x320] for your Desktop, Mobile &  Tablet | Explore 47+ Agent of SHIELD Wallpaper | Agents of SHIELD  Wallpapers HD, Agents of Shield iPhone Wallpaper, Marvel Shield Logo  Wallpaper

Diperkenalkan oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pada Jumat (1 April), ternyata SHIELD yang dimaksud justru memiliki tugas dan fungsi yang berbeda.

Begini tugas dan fungsi SHIELD di Semarang

Dilansir dari HALOSemarang, SHIELD diluncurkan sebagai salah satu upaya peningkatan kinerja Dinas Tata Ruang Kota Semarang.

SHILED sendiri merupakan singkatan dari Spatial Holistic Integrated Environment and Land Division. Sesuai dengan namanya, mereka merupakan divisi integrasi holistik spasial lingkungan dan pertanahan.

Sehingga lewat keberadaanya, diharapkan keterbukaan informasi intergrasi soal lingkungan dan pertanahan di Kota Semarang dapat semakin kuat.

SHIELD Resmi Diperkenalkan Pemkot Semarang, Apa Tugas dan Fungsinya?

Lebih lanjutnya, Hendrar merasa keberadaan SHIELD dirasa penting sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan pembangunan.

Pasalnya, SHILED secara khusus berperan dalam memberikan informasi tentang Kota Semarang dari berbagai sumber, seperti cuaca, wilayah rawan bencana, hingga sistem peringatan dini. 

Informasi yang disajikan tentunya akan sangat berguna untuk menghasilkan kebijakan pembangunan yang ramah lingkungan di Kota Semarang. Maka setelah SHIELD ini diresmikan, kawan – kawan harus sudah bisa langsung jalan dan tepat guna,” tegasnya.

Harus dapat diakses masyarakat luas

Di sisi lain, Hendi meminta agar SHIELD dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat, mengingat pembangunan dilakukan oleh semua pihak.

Tapi kita tidak bisa bicara tepat guna saja. Kita harus mendorong SHIELD memiliki manfaat yang luas. Maka masyarakat harus bisa mengakses dan tersosialisasi bahwa di Kota Semarang ada SHIELD, di mana dapat membantu dalam berbagai hal, misalnya pertimbangan investasi,” lanjut Wali Kota Semarang itu.

https://twitter.com/humaspemkotsmg/status/1510087822828400647?s=20&t=O2SFs0nxKfsU6BbLBZnsbw

Sementara, Mohamad Irwansyah selaku Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Tata Ruang Kota Semarang meyakinkan bahwa SHIELD akan produktif dalam menghasilkan sebuah studi yang terintegrasi.

Mudah-mudahan dari studi yang dihasilkan itu, kita bisa melihat bahwa SHIELD bisa benar-benar bermanfaat untuk Pak Wali, seluruh organisasi perangkat daerah, juga masyarakat luas. Ini sesuai pesan Pak Wali bahwa bukan hanya tepat guna yang dikejar, tetapi juga manfaat yang luas,” tutur Irwansyah.