Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spotify Rilis IDentitasku untuk Rayakan Budaya dan Identitas Musik Indonesia

Spotify luncurkan kampanye khusus buat Indonesia

Spotify luncurkan kampanye IDentitasku untuk merayakan keragaman budaya dan identitas musik seluruh Indonesia.

Melalui kampanye ini, Spotify hadirkan berbagai fitur dan program kepada pendengar. Beberapa di antaranya adala hub Suara dari Indonesia yang diperbaharui, berkolaborasi dengan artis lokal, dan bekerja sama dengan program pencarian bakat untuk memfasilitasi penemuan beragam jenis musik dari berbagai daerah di seluruh penjuru negeri.

Baca juga: Dua Mahasiswa Unair Jadi Pembicara di FBI Karena Berhasil Bongkar Kasus Pemalsuan Website

Spotify hadirkan “suara dari Indonesia”

Salah satu sajian khusus yang ada di IDentitasku adalah koleksi konten audio konten lokal yang terangkum ketika pendengar mencari kata kunci “suara dari Indonesia.”

Dengan demikian, pendengar pun akan bisa menemukan deretan playlist yang dikurasi secara khusus berdasarkan wilayah dan provinsi di Indonesia, seperti Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Selama bertahun-tahun, kami telah menyaksikan bagaimana musik, kisah dan cerita, serta perasaan saling terhubung merupakan bagian intrinsik dari identitas Indonesia. Kami hadir untuk mendukung hal tersebut,” kata Cassandra Aprilanda, perwakilan Spotify.

“Kami ingin para pendengar, artis, dan kreator dapat mengekspresikan diri mereka secara kreatif di Spotify – baik itu dalam menciptakan musik dan podcast, atau sekadar menemukan konten yang mereka sukai.”

Baca juga: Resesi Global Diprediksi Bakal Terjadi, Gen Z Ikut Kena Dampak?

Gandeng nama-nama besar musik indonesia

Enam artis Indonesia telah bergabung untuk mendukung kampanye ini, yaitu Ndarboy Genk dari Yogyakarta, Woro Widowati dari Jawa Tengah, Hindia dari Jakarta, Yura Yunita dari Jawa Barat, Sal Priadi dari Jawa Timur, dan Stevan Pasaribu dari Sumatera Utara.

Berkolaborasi dengan para artis berbakat ini, Spotify merilis konten promosi Musik Indonesia yang akan tersedia di media sosial Spotify dan billboard di seluruh negeri.

“Bagi aku, budaya Jawa Barat, khususnya Sunda, selalu menjadi sumber inspirasi dalam berkarya. Aku senang sekali bisa hadir di sini bersama lima seniman inspiratif dan berbakat lainnya. Aku juga sangat menghargai kepercayaan yang diberikan oleh Spotify kepadaku sebagai salah satu ‘IDentitasku Stars’. Dengan hadirnya kampanye ini, aku yakin para pendengar akan menemukan identitas mereka dan menemukan rumah mereka di Spotify. Inilah kami, inilah IDentitasku,” ujar Yura Yunita dengan bangga.

Stevan Pasaribu dan Ndarboy Genk memiliki pemikiran yang serupa dengan Yura. Pada awal karir mereka, nilai-nilai yang mereka pegang sejak usia dini adalah hal yang membuat mereka dapat menjadi diri mereka saat ini.

Sementara itu, Woro Widowati menambahkan, selain budaya dan kenangan masa kecilnya, orang-orang yang tanpa lelah mendukung mereka hingga saat ini juga berperan penting dalam mengembangkan identitas musik mereka.

Hindia dan Sal Priadi mengungkapkan keyakinan mereka bahwa pengaruh budaya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan musik di Indonesia, dan bahkan menjadikannya lebih indah.