Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Steve Aoki Ceritakan Album Baru, Hobi Pokémon Hingga Hadiah Spesial Buat Fans Indonesia [USS Feed Interview]

Steve Aoki buktikan dirinya lebih dari seorang DJ

Steve Aoki tentunya bukan nama yang asing di dunia musik, khususnya di genere EDM.

Ia sudah berkarir sejak 1996. Nggak terhitung berapa banyak hits yang ia buat hingga saat ini.

Namun pandemi yang berlangsung beberapa tahun terakhir mengubah semuanya. DJ tersebut mengeksplorasi sisi kreatifnya lebih luas dan lebih jauh.

Album HiROQUEST: Genesis pun jadi bukti nyatanya. Ia menunjukkan bagaimana ia bisa keluar dari zona nyaman, seraya membuktikan bahwa Steve Aoki lebih dari sekadar DJ.


Halo Steve Aoki! Apa kabar? Selamat ya buat track “Ultimate” yang baru aja dirilis! Bisa cerita sedikit nggak tentang lagu itu?

Aku merasa super baik! Aku baru aja merilis track baru bareng Santa Fe Klan dan Snow Tha Product.

Aku rasa track ini jadi adalah kejutan meningat para penggemarku tidak menyangka aku akan membuat lagu yang mengkombinasikan musik trap Mexica Amerika dengan EDM dan menghasilkan sesuatu yang sangat menyenangkan.

Aku sangat senang dengan respon yang aku dapatkan, dengan jumlah penonton video musiknya. Aku merasa musik ini memenuhi tujuan awal aku membuat lagu ini, bahkan lebih besar dari yang aku perkirakan.

Beberapa waktu belakangan, kamu kerap bereksplorasi dengan menciptakan musik bersama musisi dari genre yang berbeda. Kamu menghadirkan sentuhan musik reggaeton, rock, trap dan banyak lainnya. Seolah-olah kamu memang berusaha untuk keluar dari zona nyaman kamu.

Bener banget! Aku ingin menciptakan pesan bahwa musik Steve Aoki adalah musik global yang nggak terikat dengan satu genre aja.

Di album terbaruku ini, aku juga melakukan sesuatu yang sangat berbeda dan aku nggak pernah lakukan sebelumnya.

Aku nggak cuma mengeksplorasi musikku, tapi aku juga merambah ke ranah trading card game. Jadi dengan album ini aku menciptakan “dunia” dengan trading card game dan menggabungkannya dengan kisah yang aku tuturkan lewat musik yang aku buat.

Aku sangat senang. Ini sangat unik dan nggak pernah dilakukan sebelumnya (sambil nunjukin album baru, yang ketika interview ini berlangsung belum dirilis).

Apakah ini cover album terbarumu?

Iya! Di cover ini ada Hiro dari HiROQUEST: Genesis dan di dalamnya ada CD.

Aku nggak tau sih apakah orang masih punya CD apa nggak, soalnya sekarang ini CD kayak benda kuno dari masa lalu.

Kayaknya sekarang ini udah nggak ada yang punya pemutar CD, tapi kami berhasil menjual 30 ribu keping karena kami menyertakan 1 kartu HiROQUEST dalam waktu 5 jam. CD ini juga cuma tersedia untuk waktu yang terbatas.

Jadi orang-orang berebutan banget untuk punya album ini, sampe server kami bermasalah (sambil buka albumnya).

Aku akan buka album ini, spesial buat Indonesia!

(Steve Aoki nunjukkin kartu di dalam kemasan CD albumnya)

Kartu ini adalah salah satu dari 30 ribu kartu yang kami cetak.

Kartu ini adalah DNA Overlord, kalo nggak salah ini adalah bagian dari “mutant faction”

Aku kini akan menandatangani kartu ini untuk Indonesia dan untuk USS Feed.

Kartu ini akan dinilai oleh grading company dan aku akan lelang ini di eBay untuk USD1. Kartu ini bisa dimiliki siapa aja, namun orang itu harusnya adalah orang Indonesia!

Ide ini keren banget! Kamu kepikiran dari mana?

Semenjak pandemi, aku jadi tertarik untuk mengeksplorasi banyak hal di luar musik.

Dan kini aku kembali main gitar, main band, aku jadi suka bermain Trading Card Game dengan mengoleksi kembali kartu baseball, bahkan mengeluarkan kartu baseball ku sendiri!

Aku juga suka Pokémon hingga akhirnya aku mendirikan perusahaan trading card game sendiri bernama MetaZoo. Aku lalu menciptakan 64 set kartu bersama MetaZoo, dan semua karakternya hidup di MetaZoo universe.

Jadi aku sangat senang untuk bisa menggabungkan semua musik yang aku buat selama pandemi dengan dunia baru yang inklusif dan besar buatanku, dengan menyertakan cerita yang aku buat juga.

Kamu pasti sibuk banget ya?

Iya, aku menyiapkan banyak banget kejutan.

Kami memulai semuan ya dengan trading card karena seru dan aku sendiri juga adalah seorang kolektor trading card.

Jadi ketika aku bisa menciptakan trading card game sendiri dan berpartisipasi dalam pembangunan MetaZoo adalah sesuatu yang sangat menyenangkan.

Beberapa tahun belakangan, banyak musisi terjun ke dunia NFT sebagai tempat baru untuk berkreasi. Apa pendapatmu tentang tren ini?

Aku juga melakukan hal yang sama dengan proyek NFT yang aku buat.

Aku pernah membuat lagu yang hanya tersedia dalam bentuk NFT, dan komunitas NFT meresponnya dengan baik.

Proyek membership A0k1verse juga mendapat respon yang begitu positif hingga saat ini. Aku juga tengah menggarap sejumlah program baru, termasuk sebuah serial baru yang kami garap bersama Stoopid Buddy Stoodios.

Kamu berniat bikin serial juga?

Iya! Aku ingin membuat serial yang diadaptasi dari serial NFT pertamaku, character X, bersama studio animasi stop motion Stoopid Buddy Stuudios, yang sebelumnya membuat Robot Chicken, dan sejumlah proyek seru lainnya.

Kami mengembangkan proyek ini selama setahun untuk bisa sampai di titik ini.

Kalo kamu ingin tau lebih lanjut tentang proyek ini, kamu bisa cek A0k1verse.xyz atau gabung discord kami.

Omong-omong, kamu aware nggak sih dengan perkembangan TikTok? Banyak orang menilai platform itu sebagai cara baru untuk menikmati musik. Apa pendapat kamu?

TikTok adalah sesuatu yang nggak bisa diremehin.

Saat ini platfom itu jadi platform yang berkembang paling cepat. Jadi kalo kamu adalah seorang musisi atau seorang kreator konten, kamu harus melakukannya lewat TikTok.