Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Studi: Menggunakan Atap Rumah Warna Putih Lebih Menguntungkan di Cuaca Panas

Warna atap rumah dapat tentukan suhu

Kamu tahu nggak kalo ternyata warna atap rumah dapat menjadi penentu suhu di rumah lho!

Jadi, atap rumah dengan warna tertentu dapat menentukan tinggi atau rendahnya sebuah suhu pada suatu ruangan, bahkan seluruh rumah.

Hal tersebut bukan hanya mitos atau isapan jempol. Beberapa ahli dilaporkan telah meneliti mengenai hal terkait dalam sebuah jurnal penelitian.

Atap warna putih menguntungkan saat panas

white structure near body of water during daytime
via Unsplash

Melansir dari Voice of America, sekelompok peneliti dari Spanyol membuktikan bahwa mengecat atap pada rumah atau sebuah bangunan menggunakan warna putih dapat membuat suhu ruangan cenderung lebih rendah.

Warna putih yang digunakan untuk atap sebuah bangunan dapat membantu menurunkan suhu hingga 5 derajat Celcius.

Penurunan suhu hingga 5 derajat itu sangat membantu khususnya pada musim panas di luar negeri atau musim kemarau di Indonesia.

Riset dilakukan di Spanyol saat hadapi gelombang panas

white louvered window illustration
via Unsplash

Para ilmuwan asal Spanyol tersebut mempublikasikan hasil studi mereka pada sebuah majalah berjudul Urban Climate.

Pada penelitian tersebut para ahli membuktikan bahwa, warna putih pada atap rumah ternyata dapat menurunkan temperatur udara.

Studi tersebut dilakukan oleh beberapa peneliti yang tergabung dalam satu project riset di Autonomous University of Barcelona (AUB).

“Di kota-kota seperti Barcelona, yang sering menghadapi gelombang panas, atap sebaiknya dicat putih. Dalam uji coba kami, kami mendeteksi penurunan suhu rata-rata 0,8 derajat Celcius selama gelombang panas di kawasan yang beratap putih. Dan bahkan bisa sampai 4 derajat lebih rendah di lokasi-lokasi tertentu dan selama jam-jam tertentu dalam sehari,” kata Sergi Ventura, salah satu ilmuwan yang melakukan riset terkait di AUB.

Wah, kayaknya bisa ya dicoba buat atap rumah masing-masing??? What are your thoughts? Let uss know!

Image via Unsplash