Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Suara Toa Masjid Dibatasi, Upaya Meningkatkan Keharmonisan

Toa masjid dibatasi jadi 100 desibel

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas baru aja merilis surat edaran yang mengatur penggunaan pengeras suara alias toa masjid dan musala.

Salah satu poinnya menyebut bahwa volume pengeras suara harus diatur sesuai kebutuhan, dan paling besar adalah 100 dB (seratus desibel) dengan kualitas suara yang bagus atau tidak sumbang.

Azaan GIFs | Tenor

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Hilang dari App Store

Pengaturan suara toa masjid, upaya tingkatkan keharmonisan

Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama No SE 05 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

Menag menyebut bahwa toa masjid adalah kebutuhan umat Islam sebagai media syiar Islam.

Namun di saat bersamaan, Indonesia punya masyarakat yang begitu beragam; dari segi agama, keyakinan, latar belakag dan lainnya. Karena itu, perlu ada upaya untuk merawat persaudaraan dan hamoni sosial.

Pedoman diterbitkan sebagai upaya meningkatkan ketenteraman, ketertiban, dan keharmonisan antarwarga masyarakat,” ujar Menag Yaqut dikutip dalam rilis resmi Kemenag, Senin (21/2/2022).

Top 30 Sheikh Zayed Mosque GIFs | Find the best GIF on Gfycat

Baca juga: Masalah Sampah di Sungai Jakarta, Volumenya Lebih Besar dari Monas?

Ditujukan kepada pejabat semua daerah

Surat edaran tersebut terbit pada 18 Februari 2022, ditujukan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kantor Kemenag kabupaten/kota, Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ketua Dewan Masjid Indonesia, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam, dan Takmir/Pengurus Masjid dan Musala di seluruh Indonesia.

Sebagai tembusan, edaran ini juga ditujukan kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Wali Kota di seluruh Indonesia.

Pedoman ini agar menjadi pedoman dalam penggunaan pengeras suara di masjid dan musala bagi pengelola (takmir) masjid dan musala dan pihak terkait lainnya,” tutur Yaqut.

Your thoughts? Let us know in the comments below!