Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tingkatkan Industri Kreatif, Vokasi UI Turut Masukkan Mata Kuliah Komik dalam Kurikulumnya

Mata Kuliah yang Tunjang Kegemaran Terhadap Komik

Apakah kalian jadi salah satu penggila karya komik? Bacaan yang memuat gambar kartun ini, merupakan salah satu karya yang banyak digemari.

Tak hanya menjadi kegemaran, kini bacaan satu ini menjadi kurikulum mata kuliah di vokasi salah satu perguruan tinggi di Indonesia.

Indonesia Jadi Negara Pembaca Online Comic Terbanyak

Menjadi salah satu bacaan yang tak kenal usia, ternyata Indonesia merupakan salah satu negara dengan pembaca terbanyak.

Indonesia menduduki posisi ketiga sebagai pembaca terbanyak setelah negara besar seperti Amerika Serikat, serta negara tetangga Thailand.

Indonesia adalah salah satu negara dengan pembaca online comic terbanyak di antara tiga negara tersebut.

Hal tersebut dinilai berdasarkan data yang dimiliki oleh salah satu platform penyedia manga secara online, yakni MANGA Plus.

Sejalan dengan hal tersebut, Universitas Indonesia (UI) melihat hal tersebut sebagai hal yang harus dimanfaatkan dengan baik.

Program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia mengaplikasikan kurikulum dengan mata kuliah (matkul) pembuatan komik.

Tujuan diterapkannya mata kuliah tersebut adalah agar program Vokasi Universitas Indonesia dapat turut berpartisipasi dalam mendobrak potensi dari industri komik di Indonesia.

Bertujuan untuk Mendobrak Potensi di Indonesia

Pembahasan mengenai komik ini menjadi bahan diskusi dalam acara lokakarya dalam program pengabdian masyarakat (pengmas).

Selain mahasiswa vokasi UI, ada kurang lebih 180 pelajar SMA dan SMK di sejumlah daerah Jabodetabek yang ikut dalam acara program lokakarya yang mengangkat tema “Comic, IP, Transmedia-Storytelling”.

Acara ini diselenggarakan pada November 2022 lalu di Auditorium Vokasi UI, Depok, Jawa Barat.

Program lokakarya pengmas ini turut dihadiri Managing Editor BumiLangit Entertainment, Rizqy R Mosmarth.

Tak hanya itu, Manager HUION Indonesia, Bara Adhyaksa dan Ayoga Ananda selaku Editor Gramedia juga turut hadir sebagai praktisi.

“Penyebarluasan informasi mengenai hal ini perlu dilakukan. Apalagi melihat industri komik di Indonesia yang mulai merambah kembali digemari banyak orang. Peran industri untuk mengenalkan komik kepada generasi muda dapat dimulai dengan langkah awal seperti lokakarya yang saat ini kita berikan, khususnya bagi siswa-siswi SMA dan SMK,” kata Bara Adhyaksa dilansir dari keterangan resmi UI.

Let uss know your thoughts!

Image via Unsplash