Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Transplantasi Paru-Paru Beda Golongan Darah Berhasil Dilakuan, Pertama di Dunia!

Transplantasi paru-paru hidup pertama di dunia dengan dua golongan darah berebeda baru saja berhasil dilakukan oleh Rumah Sakit Universitas Kyoto, Jepang.

Diketahui, transplantansi itu melibatkan gadis berusia 10 dan 19 tahun yang membutuhakn dua donor paru-paru akibat mengalami bronkitis obstruktif (PPOK).

Dilansir dari The JapanTimes, Rabu (13/4), penyakit tersebut diidap usai dirinya menjalani cangkok sumsum tulang belakang yang dilakukan untuk mengobati leukimia.

Mendapatkan transplantasi paru-paru beda donor

Gadis tersebut diketahui mendapatkan donor paru-paru dari kedua orang tuanya. Pihak rumah sakit menyebut gadis dan sang ibu bergolongan darah O, sementara sang ayah memiliki golongan darah B.

Setelah segala persiapan matang, operasi cangkok akhirnya dilakukan pada Februari 2022.

Transplantasi Paru-Paru Beda Golongan Darah Berhasil Dilakuan, Pertama di Dunia!

Sebagai informasi tambahan, cangkok paru-paru sangant berbeda dengan transplantasi ginjal dan hati. Adapun cangkok paru-paru kerap berpotensi menyebabkan reaksi apabila mendapatkan pendonor dari golongan darah yang berbeda.

Itu alasannya mengapa keberhasilan ini menjadi salah satu yang menggembirakan dan membanggakan.

Perawatan ini dapat menyelamatkan nyawa pasien yang tidak dapat menemukan dua donor dengan golongan darah yang cocok,” kata profesor Hiroshi Date, yang melakukan operasi tersebut.

Saat berita ini diturunkan, sang gadis disebutkan sudah dalam kondisi yang sangat baik dan sudah keluar dari rumah sakit.

Wah sungguh menyenangkan sekali mendengar berita ini, semoga ke depannya lebih banyak lagi operasi cangkok beda golongan darah yang bisa berhasil!\