Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wapres Ma’ruf Amin Usulkan Makan Dua Buah Pisang, Bisa Gantikan Seporsi Nasi?

Dua buah pisang bisa gantikan seporsi nasi?

Bicara soal kekayaan sumber pangan, buah pisang jadi salah satu yang bisa kita temukan banyak jenisnya di Indonesia.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun membicarakan soal istimewanya buah tersebut. Dengan jargon “Kenyang Tak Harus Makan Nasi”, ia pun menggaungkan diversifikasi pangan.

Ma’ruf juga menyebutkan, kalau dua buah pisang bisa menggantikan rasa kenyang yang biasa kita dapat dari makan seporsi nasi.

Dua buah pisang itu setara dengan satu porsi nasi seberat 100 gram. Jadi sebenarnya kalau Bapak/Ibu makan dua buah pisang, itu artinya sudah cukup mengenyangkan, untuk mengganti satu porsi nasi,” katanya, mengutip CNN.

Wapres Ma'ruf Amin Usulkan Makan Dua Buah Pisang, Bisa Gantikan Seporsi Nasi?
Ma’ruf Amin saat tinjau panen pisang di Ponorogo (Dok. Setwapres)

Pisang sebagai komoditas unggulan Indonesia

Ma’ruf menambahkan, kebiasaan kita makan keduanya (nasi serta pisang) itu sudah berlebihan.

Bagaimanapun, menurutnya buah pisang merupakan komoditas unggulan dari Indonesia. Total penjualannya di dalam negeri pun kini makin potensial.

Hal itu juga mengikuti produksi yang meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2020 saja, produksi buah tersebut mencapai lebih dari 8 juta ton.

Wapres Ma'ruf Amin Usulkan Makan Dua Buah Pisang, Bisa Gantikan Seporsi Nasi?
via Giphy

Salah satu ekspor terbesar

Sementara volume ekspor pisang mencapai 5.500 ton per Mei 2021. Ini terbesar kedua setelah ekspor buah manggis. Jadi kita pertama manggis, nomor dua itu pisang,” Ma’ruf menuturkan.

Jawa Timur, dalam hal ini jadi penghasil pisang terbesar di Indonesia. Provinsi tersebut menyumbang sebesar 32 persen dari produksi nasional.

Saat ini kita berada di Provinsi Jawa Timur yang pada tahun 2020 adalah penghasil pisang terbesar di Indonesia, dengan total lebih dari 2,6 juta ton atau sebesar 32 persen dari produksi pisanjg nasional,” imbuhnya.

Who doesn’t love banana? Tell us your thoughts!

(Photo: Unsplash)