An Se Young ‘dikerubungi’ wartawan bukan cuma karena dapet medali emas

Setelah kembali dari Olimpiade Paris, peraih medali emas bulutangkis Korea Selatan An Se Young langsung dikerumui banyak wartawan di bandara Incheon.

Tak hanya karena prestasinya, para wartawan Korea Selatan (Korsel) menghujaninya dengan pertanyaan terkait kritiknya terhadap Asosiasi Bulu Tangkis Korea dan tim nasional.

Mendapat perlakuan pilih kasih hingga senioritas selama menjalani pelatnas

Sebelumnya An Se Young menjadi sorotan dunia setelah menyuarakan terkait perlakukan-perlakuan tidak pantas yang ia terima selama menjalani di pelatnas (pemusatan latihan nasional) badminton Korea Selatan.

Mulai dari senioritas, penanganan cedera yang tidak sesuai, pelatihan yang terlalu menitikberatkan tim ganda, kesempatan berkompetisi, dan masih banyak lagi.

“Se Young peraih medali emas tunggal putri bulutangkis Olimpiade Paris 2024 telah mengalami cedera lutut dan menderita karena kebiasaan buruk di dunia olahraga seperti membersihkan kamar para seniornya, hingga dipertintahkan untuk mencuci baju selama tujuh tahun di tim nasional,” demikian bunyi laporan dari Media Korea Selatan, Maekyung, yang dilansir Jumat, 16 Agustus 2024.

Sudah tunggu momentum untuk suarakan ketidakadilan dan berkesempatan didengar seluruh dunia

Dalam laporan MT mengungkap jika orang tua dari peraih medali emas bulutangkis tunggal putri di Olimpiade Paris 2024 tersebut sebenarnya sudah pernah mengajukan laporan kepada Asosiasi Badminton Korea. Namun belum ada hasil yang memuaskan.

Oleh karena itu, keluar sebagai pemenang di ajang tertinggi dalam dunia olahraga tersebut adalah hal yang sangat penting dalam hidupnya.

An sudah menunggu momentum ini sejak lama agar bisa menyuarakan keadilan yang selama ini ia cari-cari.

“Saya ingin menang di Olimpiade, dan salah satu alasan mengapa saya terus bekerja keras adalah karena saya ingin suara saya memiliki kekuatan,” kata An Se Young kepada Channel A News.

Asosiasi Badminton Korea, Kementerian Olahraga hingga Dewan Olahraga lakukan penyelidikan

Saat ini baik dari BKA, Dewan olahraga bahkan pemerintah Korsel tengah fokus untuk mengatasi kontroversi yang sebelumnya diungkapkan oleh An.

Dalam laporan Korea Times, BKA mengklaim pihaknya telah melakukan penyelidikan resmi sebagai tanggapan atas tuduhan-tuduhan tersebut.

Di sisi lain Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata sudah mulai menyelidiki klaim An.

Sementara itu Dewan Olahraga Korea, juga diperkirakan akan melakukan penyelidikan sendiri.


Let uss know your thoughts!