Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilmuwan: Otak Gurita Punya Kesamaan dengan Otak Manusia

Otak manusia dan gurita punya kesamaan

Siapa sangka, otak hewan laut gurita ternyata punya kesamaan dengan manusia.

Sebelum ini, para ilmuwan memang sudah menyatakan kalau gurita lebih cerdas dari hewan tak bertulang belakang lainnya. Tapi, penemuan baru ini menunjukkan bukti yang bikin pernyataan tersebut lebih kuat lagi.

Para ilmuwan tersebut sepertinya menemukan kunci di balik kecerdasan yang dimiliki hewan laut tersebut.

Spesies yang disebut punya kesamaan molekul dengan otak manusia adalah gurita biasa octopus vulgaris dan octopus bimacoluides, gurita asal California, melansir Science Alert.

Ilmuwan: Otak Gurita Punya Kesamaan dengan Otak Manusia

Ada kesamaan molekul saraf

Menurut penelitian tersebut, gurita dan manusia punya transposon, alias ‘jumping genes‘ yang bisa melipatgandakan diri dan bergerak di genom.

Transposon ini bisa dibilang merupakan bahan mentah bagi berbagai proses evolusi. Hal ini lah yang para ilmuwan temukan punya tempat yang sama dengan apa yang ada di otak manusia.

Aku langsung melompat dari kursi saat melihat ke mikroskop, ada sinyal kuat yang menunjukkan aktivitas elemen ini,” ujar biologis Giovanna Ponte dari Stazione Zoologica Anton Dohrn di Italia.

Ilmuwan: Otak Gurita Punya Kesamaan dengan Otak Manusia

Tempat mengontrol proses belajar

Menurut Giovanna Ponte, elemen itu ia temukan di lobus vertikal, yang berperan dalam kemampuan kognitif dan belajar dari gurita, seperti hippocampus bagi manusia.

Sementara itu, hippocampus adalah tempat sebagian besar transpons aktif untuk mengontrol proses belajar.

Menurut para peneliti, gurita memang lebih unggul dari hewan tak bertulang belakang lainnya.

Untuk alasan ini juga, elemen tersebut merepresentasikan kandidat pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang evolusi kecerdasan,” ujar biologis Graziano dari Stazione Zoologica Anton Dohrn.

What are your thoughts? Are we all octopuses? Let us know!