Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jejak Misterius Ditemukan, Usianya Sekitar 11 Ribu Tahun

Arkeolog temukan ‘jejak hantu’ yang misterius

Para arkeolog menemukan ‘jejak hantu’ misterius di Great Salt Lake Desert Utah, Amerika Serikat. Istilah ‘jejak hantu’ diberikan karena caranya terlihat.

Melansir situs Live Science, hal yang bikin ngeri dari jejak ini adalah karena komposisinya yang unik. Jejak-jejak ini. hanya nampak saat setelah hujan dan terisi kelembapan sehingga warnanya lebih gelap.

Setelah kering di matahari, jejak ini pun langsung hilang.

Penemuan ini pun para ilmuwan temukan secara tak sengaja pada awal bulan Juli kemarin, saat mereka berkendara ke area gurun tersebut.

Jejak Misterius Ditemukan, Usianya Sekitar 11 Ribu Tahun
Image: U.S. Air Force photo / R. Nial Bradshaw

Ditemukan secara tak sengaja

Awalnya, tim peneliti cuma menemukan beberapa dari jejak misterius itu.Setelah menyisir area sekitar, mereka menemukan setidaknya 88 jejak, mulai dari ukurang orang dewasa hingga anak-anak.

Penemuan tak sengaja ini belum muncul dalam publikasi jurnal manapun. Pasalnya, para imuwan masih harus menganalisa jejak-jejak tersebut.

Menurut pengamatan mereka, temuan ini ditinggalkan oleh manusia yang ebrtelanjang kaki paling tifak 10 ribu tahun lalu. Saat itu, area gurun itu masih basah dan berupa perairan.

Jejak Misterius Ditemukan, Usianya Sekitar 11 Ribu Tahun
Image: U.S. Air Force photo / R. Nial Bradshaw

Berasal lebih dari Zaman Es?

Lebih lanjut, para peneliti pun menduga jejak misterius ini bisa saja berasal dari 12 ribu tahun lalu, selama rentang terakhir Zaman Es di era Pleistosen.

Kalau dihitung-hitung, rentang waktu ini adalah sekitar 2,6 juta hingga 11.700 tahun yang lalu.

Orang-orang sepertinya berjalan di air yang cetek dengan pasir, kemudian secara cepat mengisi jejak belakangnya, seperti yang kerap kau alami di pantai,” ujar Daron Duke, seorang arkeolog dari Far Western Anthropologival Research Group.

Menurutnya, di bawah pasir itu, ada lapisan lumpur yang menjaga bentuk jejak tersebut. Kemudian sejak saat itu jejaj-jejak terisi dengan garam saat dataran basahnya mengering.

Ini lah yang membuat jejak misterius tersebut bisa dibedakan dari area sekitarnya.

What are your thoughts? Let us know!

(Image: via Unsplash)