Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kucing Oren Terus Muncul di Medsos Jokowi, Ini Kata Istana

Si kucing oren yang muncul terus di postingan Jokowi

Gambar karakter kucing oren sempat jadi sorotan warganet saat Jokowi beberapa kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah karikatur di akun media sosial resminya.

Baik di Instagram maupun Twitter, kucing berwarna oranye itu hampir selalu muncul di setiap postingan karikaturnya.

Nggak cuma muncul sebagai cameo, karakter yang kerap disapa “si oren” ini selalu tampil dengan pose yang unik, seperti memancing, rabahan, hingga berdoa.

Istana: kucing sering muncul saat pandemi

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin pun buka suara soal kucing oren ini.

Menurutnya, ilustrator yang membuat berbagai karikatur untuk media sosial Jokowi ini terus memantau perkembangan tren terkini di masyarakat.

Ia menjelaskan, sang ilustrator mengumpulkan dan menuangkan hal-hal yang viral dalam satu bingkai gambar. Tak terkecuali, fenomena kucing oren yang kelakuannya sering disoroti saat pandemi Covid-19.

Itu karena terinspirasi saat pandemi ada kucing-kucing (oranye), banyak kucing. Hal-hal tertentu itu juga dirangkum dari kejadian-kejadian yang ada,” ujarnya di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (24/10).

Rupanya, sosok di balik ilustrasi-ilustrasi itu adalah Aufa Aqil Ghani. Ia merupakan bagian dari Staf Komunikasi Digital Presiden yang berperan sebagai ilustrator.

Supaya publik lebih tertarik dengan hari-hari penting nasional

Mulai dari Hari Pangan Nasional, Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, hingga Hari Dokter Nasional tak luput dari kemunculan si oren.

Saat ditanya alasannya, Bey mengungkap bahwa sang ilustrator memang sengaja menggunakan hal-hal unik untuk menarik perhatian masyarakat.

Hal ini dilakukan tentunya supaya masyarakat ingat dan tahu berbagai hari maupun momen penting nasional.

Untuk menarik perhatian masyarakat. Supaya ada atensi terhadap hari-hari besar nasional, maupun momen-momen tertentu. Semisal hari ini Hari Dokter Nasional, lalu pernah juga Hari Tani Nasional. Intinya agar masyarakat aware terhadap hari-hari peringatan nasional atau momen penting lainnya,” tutur Bey.

Which kucing oren’s pose is your favorite? Let us know!

(Image: via Instagram/@jokowi)