Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Luhut Binsar: Semoga Bali Jadi Tempat Perdamaian Ukraina dan Rusia

Beberapa kali dibahas

Perang antara Ukraina dan Rusia masih berlangsung hingga saat ini. Luhut Binsar dalam beberapa kesempatannya mengaitkan perang tersebut dengan kondisi di Indonesia.

Seperti sebelumnya Luhut Binsar sempat menyarankan kepada masyarakat Indonesia agar menanam cabai dan sayur di halaman rumah.

Saran tersebut berkaitan dengan ancaman resesi dan ketegangan antara Ukraina dan Rusia, yang berdampak kepada distribusi komoditas pangan dan energi.

Acara doa bersama di Bali

people inside room
via Unsplash

Pada Rabu 26 Oktober 2022 kemarin, Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Gubernur Bali, Wayan Koster, terlihat menghadiri sebuah Peninsula ITDC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Luhut Binsar mengatakan Wayan Koster mengadakan acara doa bersama yang dihadiri oleh 1.200 pemangku adat.

Selain itu juga, ada sekitar 1.494 Desa Adat yang menghadiri acara doa bersama tersebut secara online.

“Berdoa bersama malam ini untuk kesuksesan G20,” kata Luhut Binsar kepada para wartawan.

Acara doa bersama tersebut diadakan dalam rangka kesuksesan dalam penyelenggaraan KTT G20 yang akan diselenggarakan pada 15 dan 16 November 2022.

KTT G20 ini rencananya akan dihadiri banyak pemimpin dunia.

Luhut Binsar belum bisa berikan jawaban

grayscale photo of man in black jacket and hat
via Unsplash

Luhut yang mewakili pihaknya memiliki harapan dengan diselenggarakannya KTT G20 ini, Indonesia bisa menjadi tempat perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

“Karena nanti pemimpin-pemimpin dunia kumpul di sini dalam keadaan damai, Ukraina dengan Rusia bisa damai, Amerika dengan China bisa bertemu. Presiden Jokowi akan menjadi jembatan untuk mengatasi perbedaan-perbedaan itu. Upaya itu tentu akan dilakukan dan sedang dilakukan, kita berdoa untuk itu semua,” ujar dia.

Meski begitu, dirinya tidak memberikan jawaban dengan jelas apakah presiden dari kedua negara tersebut akan menghadiri puncak KTT G20.

Luhut Binsar meminta berbagai pihak untuk berdoa agar Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky maupun Joe Biden agar dapat menghadiri KTT G20.

What are your thoughts? Let uss know!