Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahasiswa Indonesia Raih Juara di Ajang International RoboBoat Competition 2022

Mahasiswa asal Indonesia menjadi juara di ajang internasional

Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dengan berhasil meraih gelar juara umum di ajang International RoboBoat Competition (IRC) 2022 yang diselanggarakan Amerika Serikat.

Para mahasiwa tersebut merupakan mahasiswa asal Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang tergabung dalam Tim Barunastra.

Tim Barunastra terdiri dari Nawab Aditya, Dion Andreas Solang, Zulieta Krisna D, Azayaka Emeraldi Indaryo, dan Halen Dinata Atmaja.

Happy Celebration GIF by Sigrun
via Giphy

Kemenangan ITS

Kemenangan yang berhasil diraih oleh Tim Barunastra ITS adalah hasil dari inovasi yang mereka buat, yaitu Kapal Nala Theseus.

Untuk menjadi juara, terdapat tujuh misi yang harus dilakukan dan Kapal Nala Theseus berhasil menaklukan semua misi yang ada.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti memberikan apresiasi kepada Tim Barunastra ITS atas prestasi yang telah mereka raih.

Atas nama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan apresiasi kepada Tim Barunastra ITS yang telah berjuang luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia,” tutur Suharti dalam keterangan tertulis, melansir laman Kemendikbud.

Celebrate Number 1 GIF by Awkwafina
via Giphy

Bukan kemenangan pertama, sudah berpartisipasi sejak 2016

Menjadi juara di ajang ini bukanlah prestasi pertama yang diraih oleh tim kebanggan ITS, Barunastra.

Mereka sudah berpartisipasi di ajang kompetisi prototipe robot kapal sejak tahun 2016.

Pada tahun 2018 dan 2019, Barunastra ITS berhasil menjadi juara umum IRC berturut-turut dan meraih title back-to-back champions,” ujar Farah selaku External Relations Tim Barunastra, melansir laman resmi ITS.

Im Proud Of You Episode 1 GIF by New Amsterdam
via Giphy

So proud! Let us know your thoughts!

Top image via Kemdikbud