Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Studi: Banyak Tertawa dan Saling Melawak di Tempat Kerja Ternyata Bagus untuk Produktifitas Karyawan

Lingkungan tempat kerja bawa pengaruh pada keseharian

Bagi para pekerja, kantor atau tempat kerja merupakan salah satu bagian dari keseharian yang sedikit atau banyak mengisi waktu para pekerja.

Oleh karena itu, lingkungan di tempat kerja berpotensi untuk bisa mempengaruhi kualitas dari kinerja para pekerja.

Seperti sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli yang ternyata menemukan bahwa jika seorang individu banyak tertawa di tempat kerja, memiliki manfaat yang baik.

Banyak pekerja yang ngelawak minimal sekali sehari

Sebuah studi yang dilakukan oleh LinkedIn, menemukan bahwa ternyata saat di tempat kerja, antara performance dan kesejahteraan pekerja dengan keterbukaan secara emosi memiliki kaitan yang erat.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa di Inggris, ternyata humor menempai urutan pertama untuk emosi yang cenderung sering lontarkan kepada sesama rekan kerja.

Dari jokes receh atau gurauan lainnya ternyata merupakan salah satu senjata andalan bagi para pekerja di Inggris untuk menemukan chemistry satu sama lain.

Lebih dari setengah jumlah responden yang dilibatkan dalam penelitian tersebut, memberikan jawaban bahwa mereka, minimal “melawak” dan bersenda gurau sekali dalam sehari di tempat kerja.

three people sitting in front of table laughing together
via Unsplash

Kenyamanan dalam berkomunikasi adalah game changer!

Dalam LinkedIn, seorang ekspertis karir yang bernama Charlotte Davies menjelaskan bahwa hal tersebut dapat dilihat dari apa yang biasanya para user konsumsi di LinkedIn.

“Reaksi lucu berupa emoji tertawa yang bisa digunakan untuk mengekspresikan kegembiraan sebagai tanggapan atas kiriman atau komentar yang dibagikan seseorang, telah menjadi salah satu fitur yang paling banyak diinginkan dari responden,” kata Charlotte Davies, dilansir dari Stylist.

Pada studi tersebut, adanya keterbukaan secara emosional setidaknya dapat membantu karyawan dapat membaur dengan baik dengan lingkungan kerja.

Hal tersebut dapat mempernyaman komunikasi antar karyawan, tim, bahkan divisi untuk kelancaran menyelesaikan suatu pekerjaan.

Just-kidding GIFs - Get the best GIF on GIPHY
via GIPHY

Wah, punya lingkungan kerja yang nyaman mungkin impian hampir semua orang ya? What are your thoughts? Let uss know!

Image via Unsplash