Tahun ini perayaan pertama kalinya untuk Indonesia

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2023, pemerintah memutuskan bahwa setiap tanggal 24 Juli akan diperingati sebagai Hari Kebaya Nasional.

“Menetapkan tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional,” demikian bunyi Diktum Kesatu Keppres 19/2023 seperti yang dilansir dari laman resmi JDIH Sekretariat Kabinet, Selasa, 27 Februari 2024.

Ide ngerayain dari Ketua Timnas Kebaya Indonesia

Meskipun mungkin bingung karena pertama kali, hari istimewa yang dirayakan secara nasional ini bisa banget diisi dengan banyak kegiatan positif.

Dalam perayaan perdana, Kongres Wanita Indonesia (Kowani) collab dengan Tim Nasional (Timnas) Kebaya Indonesia untuk mempersiapkannya.

Hal-hal yang bisa dilakukan saat perayaan Hari Kebaya Nasional misalnya datang ke exhibition kebaya atau ke fashion show kebaya yang kemungkinan besar bakal diadakan oleh Kowani dan Timnas Kebaya Indonesia.

Selain itu Ketua Timnas Kebaya Indonesia Lana T Koentjoro juga bilang kalo menggunakan kebaya juga bisa jadi ide untuk merayakannya.

“Perayaan Hari Kebaya Nasional yang pertama tentunya akan sangat menarik, biasanya perayaan semacam ini dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti pemakaian kebaya secara massal, pameran kebaya, pertunjukan busana, seminar tentang kebudayaan, dan lain-lain,” kata Lana T Koentjoro dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta yang dikutip pada Selasa, 27 Februari 2024.

Hal yang nggak boleh dilakuin saat Hari Kebaya Nasional

Hal yang nggak bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kebaya ini adalah dengan tidak masuk kerja atau tidak masuk sekolah.

Kecuali kalau memang sudah ambil cuti, nggak masuk karena sakit atau alasan-alasan mendesak lainnya.

Kalau ditanya kenapa, alasannya adalah karena itu tertuang pada Diktum Kedua di Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2023 yang menyebutkan Hari Kebaya Nasional tidak termasuk hari libur.

Courtesy of ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Model memperagakan busana kebaya tradisional dalam festival bertajuk Malang Fashion Fest 2024 di Malang City Point, Jawa Timur, Sabtu (17/2/2024).. Festival fesyen yang mengangkat tema Culture tersebut diisi dengan berbagai kegiatan peragaan busana tradisional serta kompetisi desain busana guna meningkatkan kreativitas desainer dalam mengangkat nilai wastra nusantara. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/Spt

Let uss know your thoughts!