Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Kenapa “Pengabdi Setan 2: Communion” Serem: Bercerita Lewat Penginderaan

Pengabdi Setan 2: Communion hadir lebih gelap, literally and metaphorically

“Pengabdi Setan 2: Communion” bakal segera tayang di bioskop.

Sebelum tayang, film ini sudah berhasil memancing antusiasme dan rasa penasaran para calon lewat sejumlah Teaser yang dirilis oleh Joko Anwar. Namun sutradara tersebut digadang-gadang melebihi ekspektasi publik sejak penayangan perdana yang diadakan secara eksklusif sebelum dirilis untuk khalayak umum.

Lantas, apa sih yang bikin film ini seserem itu?

Rahasia Kenapa "Pengabdi Setan 2: Communion" Serem: Bercerita Lewat Penginderaan

Baca juga: Cast dan Sutradara “Incantation” Ungkap Rahasia yang Bikin Filmnya Serem Banget

Bercerita lewat indera

Menurut penuturan Joko Anwar, “Pengabdi Setan 2: Communion” mengusung penyampaian cerita yang “menyerang indera” secara keseluruhan.

Pencahayaan film ini jadi salah satu kunci utamanya. Sebagai sutradara, Joko Anwar menjaga sumber cahaya se-alami mungkin supaya penontonnya bisa merasakan rasa takut yang natural.

“Sebagian besar film ini memang disyuting ketika gelap. Real gelap. Tanpa bantuan cahaya lighting sama sekali. Sebab, kita ingin memberikan nuansa natural pada indra manusia. Sense menonton film yang natural yang bisa sama-sama dirasakan penonton. Bahkan sound yang kita hadirkan juga natural,” ujarnya pada press conference gala premiere.

“Semua dikalkulasikan sedemikian rupaya supaya penonton masuk ke dunia Pengabdi Setan dan masuk ke rusun tersebut, tidak secara artificial, tapi secara natural sebagaimana yang dirasakan para karakternya.”

Baca juga: RKHUP: Nyekokin Miras ke Temen yang Lagi Mabok Bisa Dihukum Penjara 1 Tahun

“Pengabdi Setan 2: Communion” jadi salah satu standar baru film horror Indonesia

Tak berlebihan rasanya jika karya ternyar Joko Anwar ini disebut sebagai standar baru film Indonesia.

Sebagai sutradara, ia berhasil menbangun tension yang kuat sepanjang film; bukan cuma dengan rangkaian adegan seram yang sukses bikin penonton bergidik ngeri, namun juga menciptakan kualitas karakter yang kuat dan membuat lo peduli dengan mereka.

Namun di sisi lain, film ini nampaknya sedikit terlalu fokus menjadi awal baru untuk rangkaian film-film selanjutnya. Banyak pertanyaan dari film pertama yang terjawab, namun tak sedikit pula pertanyaan baru yang mencuat di film ini.

Either way, film ini masih jadi tontonan wajib buat lo, terutama untuk para pecinta horror. Can’t wait to see Pengabdi Setan 3 though!