Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Upaya Tangani Pelecehan, Kini Bus Pink Transjakarta Khusus Perempuan Kembali Lagi

Bus pink Transjakarta kembali lagi!

Kalau biasanya Transjakarta identik dengan warna biru, kini bus pinknya kembali lagi!

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta itu kini mengoperasikan kembali bus khusus penumpang perempuan pada Senin, 25 Juli 2022.

Jadi hari ini 25 Juli 2022, Transjakarta kembali mengoperasikan bus pink, bus khusus untuk perempuan. Bus ini memang sudah beroperasi sebelumnya, karena ada kebijakan pada saat masa pandemi,” kata Humas TransJakarta Wibowo, melansir Antara.

Layanan khusus perempuan, supirnya juga perempuan

Menurutnya, kembalinya bus pink ini jadi komitmen pihaknya untuk memberi layanan aman dan nyaman khusus untuk para pelanggan perempuan.

Nggak tanggung tanggung, Wibowo menjelaskan kalau dalam layanan ini, supir hingga petugas yang ada dalam bus pink itu merupakan perempuan.

Jadi bus ini memang khusus untuk perempuan. Termasuk di dalamnya ada pengemudi khusus untuk perempuan dan juga ada petugas layanan yang juga memang perempuan,” jelasnya.

Kini, bus pink itu tersedia untuk rute Pasar Baru-Kalideres (Koridor 3) dan ada delapan armada bus. Menurutnya, layanan ini bisa bertambah secara bertahap seiring adanya permintaan.

Upaya Tangani Pelecehan, Kini Bus Pink Transjakarta Khusus Perempuan Kembali Lagi
via Tenor

Respon untuk pelecehan di transportasi publik

Beberapa waktu belakangan isu pelecehan di transportasi umum marak terjadi. Beberapa solusi pun ditawarkan, salah satunya dengan memisahkan area khusus perempuan.

Kembalinya bus pink Transjakarta ini pun merupakan salah satu bentuk respon mereka untuk hal itu, sekaligus komitmen dalam megnatasinya.

Bagaimanapun, ada pro kontra mengenai pemisahan perempuan di ruang publik sebagai solusi pelecehan. Bahkan, Komnas Perempuan pun pernah mengatakan bahwa ini bukanlah langkah yang efektif.

Upaya Tangani Pelecehan, Kini Bus Pink Transjakarta Khusus Perempuan Kembali Lagi
via Giphy

So, what do you think? Let us know!